nusabali

Dinas Pertanian Klungkung Temukan 10 Anjing Rabies

  • www.nusabali.com-dinas-pertanian-klungkung-temukan-10-anjing-rabies

Pasca menerima laporan kasus gigitan anjing rabies, petugas melakukan vaksinasi dan mengeliminasi anjing secara selektif.

SEMARAPURA, NusaBali

Dinas Pertanian Klungkung menemukan 10 kasus gigitan anjing rabies sejak Januari hingga 14 April 2023 atau catur wulan pertama. Kesepuluh anjing itu sebanyak tiga ekor anjing liar dan tujuh ekor anjing peliharaan warga. Tak ada korban jiwa dalam kasus gigitan anjing positif rabies sejak 2021, 2022, dan 2023. Para korban tergigit anjing sudah mendapatkan vaksin anti rabies (VAR).

Kadis Pertanian Klungkung Ida Bagus Gede Juanida mengatakan, ada 10 kasus gigitan anjing yang terjadi di Klungkung sejak Januari 2023 hingga 14 April 2023. Kasus gigitan ini terjadi di Kecamatan Klungkung (1 ekor anjing rabies), Kecamatan Dawan (3 ekor anjing rabies), dan Kecamatan Banjarangkan (6 ekor anjing rabies). Kecamatan Nusa Penida nihil kasus gigitan anjing rabies. Menurut Ida Bagus Juanida, temuan kasus rabies ini menunjukkan masih ada warga yang tidak bertanggungjawab dalam memelihara anjing peliharaannya.

Seharusnya warga rutin per tahun memvaksin anjingnya. “Penanggulangan rabies akan berhasil jika mendapat dukungan masyarakat,” kata Ida Bagus Juanida, Jumat (14/4). Pasca menerima laporan kasus gigitan anjing rabies, petugas Dinas Pertanian Klungkung langsung turun melakukan vaksinasi dan mengeliminasi anjing secara selektif. “Korban gigitan anjing sudah dapat VAR,” jelas Ida Bagus Juanida. *wan

Komentar