nusabali

5.192 Ekor Anjing Sudah Divaksin

  • www.nusabali.com-5192-ekor-anjing-sudah-divaksin

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Pertanian Klungkung terus menggencarkan vaksinasi rabies. Sasaran vaksin di Kabupaten Klungkung sekitar 21.000 ekor anjing.

Petugas masih turun ke desa-desa untuk vaksinasi. Kadis Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan, hingga saat ini total anjing yang sudah divaksin mencapai 5.192 ekor. “Petugas masih melakukan vaksinasi di lapangan,” ujar Juanida, Kamis (13/4).

Vaksinasi rabies rutin dilaksanakan setiap setahun sekali sejak tahun 2019 lalu. Juanida meminta kesadaran dan pemahaman masyarakat pentingnya melaksanakan vaksin rabies. Sasaran vaksin di Kabupaten Klungkung sekitar 21.000 ekor anjing. “Kesediaan vaksin saat ini mencukupi, semoga tahun ini seluruh anjing di Kabupaten Klungkung bisa mendapatkan vaksin,” harap Juanida.

Juanida mengimbau masyarakat untuk secara sadar membawa hewan peliharaannya ke Dinas Pertanian Klungkung agar mendapat vaksin anti rabies. “Kami juga meminta masyarakat untuk tidak meliarkan hewan peliharaan sehingga penyebaran kasus rabies tidak meluas,” pinta Juanida. Korban gigitan anjing di Kabupaten Klungkung hingga Oktober 2022 mencapai 666 kasus. Setelah diuji lab, dari 59 ekor anjing yang menggigit warga, sebanyak 31 ekor dinyatakan positif rabies. *wan

Komentar