nusabali

Gelar PSN DBD, Petugas Sisir 75 Rumah

  • www.nusabali.com-gelar-psn-dbd-petugas-sisir-75-rumah

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kesehatan melalui Puskesmas IV Denpasar Selatan, terus berupaya menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayahnya melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di 75 rumah warga, yang digelar pada Kamis (13/4) pagi.

Para petugas yang terlibat antara lain terdiri dari Jumantik dan Pelaksana program DBD, yang dikomandoi Koordinator Jumantik setempat.

Kepala UPTD Puskesmas IV Densel, drg Made Saraswati mengungkapkan, dari hasil penyusuran petugas di seputaran Jalan Pulau Bungin, lingkungan Banjar Pitik, Kelurahan Pedungan,  setidaknya ditemukan 1 rumah warga yang positif terdapat jentik nyamuk DBD.

Usai mendapati jentik nyamuk di area rumah warga, para petugas selanjutnya menindaklanjuti dengan menaburkan bubuk Abate, seperti pada kolam ikan dan juga ember.

"Dari hasil pantauan, jentik nyamuk banyak tersebar di kolam dan juga ember. Jadi tadi para petugas langsung menindaklanjuti temuan ini," jelasnya.

drg Saraswati juga menambahkan, pada kesempatan itu para petugas juga melakukan penyuluhan untuk warga. Secara intensif, para warga disosialisasikan soal PSN dengan metode 3M.

"Kami menekankan sekali agar para warga sadar untuk menutup penampungan air, menimbun barang bekas, dan terpenting menggunakan lotion anti nyamuk," lanjutnya.

Upaya penyusuran tempat tinggal warga guna mengecek jentik nyamuk ini,  akan dilakukan secara konsisten, agar  kasus DBD dapat dicegah. Untuk itu, drg Saras menekankan agar warga juga dapat proaktif untuk selalu rutin mengontrol lingkungan sekitarnya agar tindakan pencegahan dapat segera ditempuh. *

Komentar