nusabali

245 Armada Lebaran di Denpasar Dilakukan Ramp Check

Dishub Denpasar Bangun 4 Posko Terpadu

  • www.nusabali.com-245-armada-lebaran-di-denpasar-dilakukan-ramp-check

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 245 armada mengikuti ramp check dalam rangka persiapan mudik Lebaran 2023.

Hal itu sudah dilaporkan oleh PO bus ke Dinas Perhubungan Kota Denpasar. Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar Ketut Sriawan, Senin (10/4), mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan jelang mudik Idul Fitri. Salah satunya terkait dengan penyiapan pos di 4 titik yang tersebar di Kota Denpasar.

Posko tersebut meliputi Pos Umanyar, Pos Sanur, Pos Serangan, dan Pos Ubung sebagai pos utama. Khusus untuk di kawasan Sanur dan Serangan, Denpasar Selatan, Dishub melakukan antisipasi fast boat yang berangkat ke Nusa Penida dan sebaliknya.

Dalam pelayanan posko terpadu, pihaknya akan bekerjasama dengan para pihak terkait seperti Kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Jasa Raharja, dan BPBD. Posko terpadu ini dimulai pada H-7 hingga H+11 Idul Fitri yakni 15 – 30 April 2023.

Selain itu, juga akan dilakukan proses ramp check untuk kendaraan angkutan lebaran. Pelaksanaan ramp check tersebut difokuskan di Terminal Mengwi, Badung, karena keberangkatan akan dilakukan melalui terminal tersebut. “Kami di Denpasar lakukan antisipasi di PO bus dan juga di Terminal Ubung, untuk memastikan bus tersebut laik jalan dan melayani penumpang dengan baik,” kata Sriawan.

Sementara itu, dari data Organda, angkutan lebaran yang mengikuti ramp check sebanyak 245 bus. Sriawan mengatakan, tak hanya arus lalu lintas mudik saja yang mendapatkan perhatian, namun juga menyangkut masalah keamanan, termasuk kesehatan.

Sriawan mengatakan pihaknya sudah mendapat informasi ada salah satu kegiatan mudik bareng. Dimana mudik bareng yang dilaksanakan akan menggunakan 9 armada bus dan melaksanakan ramp check di Terminal Mengwi.

Dia menambahkan, Terminal Ubung akan digunakan sebagai rest area dan kantong parkir. “Termasuk yang akan liburan ke Denpasar, kalau ada hotel yang tidak punya tempat parkir memadai bisa parkir di Terminal Ubung. Sehingga tidak mengganggu lalulintas karena parkir di pinggir jalan,” kata Sriawan. *mis

Komentar