nusabali

201 Perguruan Tinggi ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

  • www.nusabali.com-201-perguruan-tinggi-ikut-program-pertukaran-mahasiswa-merdeka

JAKARTA, NusaBali
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati menyebutkan sebanyak 201 perguruan tinggi terlibat menjadi tujuan peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan ke-3 tahun 2023.

"Program PMM yang telah dibuka sejak 29 Maret ini memberi kesempatan bagi lebih dari 15.000 mahasiswa akademik dan vokasi seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek untuk berpartisipasi,"  katanya di Jakarta, Kamis.

Program PMM diadakan dengan tujuan membuka ruang pertemuan bagi mahasiswa-mahasiswi di seluruh Indonesia untuk saling berinteraksi, berbagi cerita, dan mengenal lebih dalam keberagaman nusantara.

Nantinya, mahasiswa vokasi akan diberikan kesempatan untuk belajar selama satu semester ke perguruan tinggi penerima yang berada di klaster pulau berbeda.

Pelaksanaan Program PMM Angkatan 3 akan menjadi angkatan pertama di mana Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) dan mahasiswa vokasi bisa ikut berpartisipasi baik sebagai Perguruan Tinggi Penerima (PT Penerima) maupun peserta mahasiswa.

Upaya melibatkan perguruan tinggi vokasi memerlukan persiapan yang panjang dan perencanaan yang matang, terutama dalam menentukan proses pembelajaran antarsesama PTPPV serta kompetensi pengalaman yang diharapkan bisa didapatkan oleh mahasiswa vokasi. “Sudah saatnya pendidikan tinggi vokasi ikut merasakan manfaat dari pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka,” kata Kiki.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Beny Bandanadjaja menilai wawasan yang didapatkan serta kompetensi yang diasah melalui keikutsertaan Program PMM Angkatan 3 ini akan menjadi modal ketika mahasiswa terjun di dunia profesional.

Manfaat pelaksanaan Program PMM pun tidak hanya bisa dirasakan oleh mahasiswa vokasi, tetapi juga PTPPV sebagai PT Penerima dan juga dosen yang nantinya akan membimbing dan mengajar mahasiswa tamu. Program ini membuka kesempatan kerja sama antarperguruan tinggi dan antardosen vokasi untuk saling belajar dan mengembangkan kurikulum masing-masing sehingga pendidikan tinggi vokasi bisa semakin maju.

Sementara untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan pelaksanaan Program PMM Angkatan 3 dapat diakses melalui laman https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ dan akun Instagram resmi @pertukaranmahasiswamerdeka. *ant

Komentar