nusabali

Ratusan Balerina Graduation Day di Beachwalk

  • www.nusabali.com-ratusan-balerina-graduation-day-di-beachwalk

MANGUPURA, NusaBali.com – Berbeda dari biasanya, ratusan ballerina tampil memukau di ruang publik Beachwalk Shopping Center Kuta, Badung, Bali pada Sabtu (8/4/2023) sore.

Para penari itu berasal dari Excellent Ballet School Bali yang juga sedang melangsungkan kegiatan graduation day atau kelulusan di masing-masing gradenya. Founder Excellent Ballet School Bali, Moulyna Tirto menerangkan gelaran kali ini selain mengajak anak didiknya untuk tampil percaya diri di depan publik, mereka juga sekaligus melakukan acara kelulusan serta pemberian sertifikat.

“Anaka-anak kami sebelum pementasan di sini, terlebih dahulu mengikuti ujian Internasional dari sekolah balet, Excellent Ballet School Bali. Hari ini kami pentaskan mereka sekaligus memberikan sertifikat,” ucap Moulyna Tirto saat ditemui seusai acara pada Sabtu (8/4/2023) malam.

Grade tersebut terdiri dari grade 1 sampai grade 7 yang dikelompokkan berdasarkan umur dari 7 tahun hingga 17 tahun dan atas dasar kemampuan para anak didiknya. Sebelum diuji, anak didiknya akan melakukan pelatihan secara rutip setiap satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Bahkan beber Moulyna ada pula anak didiknya yang juga berlatih secara private (pribadi, Red) bersamanya.

Antusias para anak didiknya pun, kata dia patut diacungi jempol. Tak hanya semangat yang menggebu dari peserta, namun terlihat orang tua mereka turut menyemangati bahkan menunggu pementasan Balet hingga selesai.

“Antusias mereka sangat semangat, orang tua pun juga sangat mendukung dan mensuport setiap acara pementasan,” imbuhnya.


Foto: Founder Excellent Ballet School Bali, Moulyna Tirto saat ditemui seusai acara pada Sabtu (8/4/2023) malam. -RIKHA SETYA

Excellent Ballet School merupakan sekolah balet bertaraf Internasional di Bali yang sudah mengantongi sertifikat dari RAD (Royal Academy of Dance) London. Sekolah balet yang sudah ia rintis sejak 2004 silam ini pun mampu meluluskan ratusan siswa yang bertalenta.

Sehingga tak ayal, untuk melatih kemampuan anak didiknya, pementasan tak hanya dilakukan satu kali dalam setahun saja. Namun, kata dia anak didiknya juga pentas di beberapa lokasi seperti Taman Budaya Art Centre Denpasar hingga kampus seni seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

“Mereka juga kadang berkolaborasi dengan penari balet dari negara Jerman dan Jepang yang diselenggarakan di ISI Denpasar dan Art Center. Sehingga kualitas mereka meningkat setiap tahunnya karena standarnya sudah international,” tambahnya.

Untuk menjadi seorang balerina dan bergabung di sekolah balet yang ia dirikan sejak 19 tahun silam, para calon anak didiknya tak harus tinggi atau pun langsing.

“Tidak ada minimal tinggi dan berat badan. Untuk waktu yang tepat mengajarkan anak menari balet sebaiknya dimulai sejak usia dini yaitu sekitar 2.5 tahun. Namun jika sudah remaja boleh saja, hanya saja tantangannya mereka harus berusaha lebih keras,” pungkasnya. *ris

Komentar