nusabali

PHRI Badung Ajak Semua Pihak Gencarkan Promosi

  • www.nusabali.com-phri-badung-ajak-semua-pihak-gencarkan-promosi

DENPASAR,NusaBali
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mendorong semua pihak untuk menggencarkan promosi.

Terutama untuk menggaet wisatawan domestik (wisdom). Hal tersebut menyusul masih minimnya kunjungan wisdom ke Bali. Data dari Dinas Pariwisata Bali, jumlah wisdom yang berkunjung ke Bali hingga Februari 2023 tercatat 720.164 orang.

Sekretaris PHRI Badung I Gede Sukarta, mengatakan industri pariwisata, masyarakat, dan para pemangku kepentingan mesti lebih intensif untuk mendatangkan wisatawan, tidak hanya wisman, melainkan juga wisdom. “Karena baik wisman maupun wisdom sama-sama penting bagi pariwisata Bali,” ucap Sukarta, Jumat (7/4).

Menurut Sukarta, Bali memang sudah dikenal sebagai destinasi wisata dunia. Walau demikian, promosi tak bisa tidak tetap harus dilakukan. Karena apapun produk itu, walau sudah familiar, promosi dan pemasaran mutlak tetap harus dilakukan. Seandainya Piala Dunia U-20 jadi dihelat di Indonesia, salah satunya di Bali, tentu menjadi momentum yang bagus untuk mempromosikan dan mendatangkan wisatawan. “Dari hitungan-hitungan rumus apapun itu (Piala Dunia U-20) tentu berdampak,” ucap pria yang juga Penasehat Bali Villa Association (BVA).

Dia menyontohkan gelaran MotorGP Mandalika 2022 di kawasan wisata Mandalika, Lombok, NTB. “Orang Bali, juga banyak yang datang menonton. Demikian juga dari Jakarta, Kalimantan dan daerah lainnya. Hal itu karena gelaran tersebut merupakan moment khusus. Artinya ada tambahan wisatawan domestik, demikian juga wisman,” kata Sukarta.

Kini karena Piala Dunia U-20 tidak jadi dilaksanakan, tentu kesempatan untuk mendatangkan wisatawan tidak jadi juga atau hilang. Namun demikian beberapa moment ke depan, masih ada dan potensi untuk mengenjot kedatangan wisatawan, khususnya wisdom. Yang terdekat adalah liburan dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1.444 Hijrah. Selanjutnya liburan sekolah pada Juni-Juli sampai dengan Nataru akhir nanti. “Kita harapkan semakin banyak wisatawan yang datang ke Bali, sehingga pemulihan pariwisata Bali bisa kian cepat,” harap Sukarta yang juga GM Villa Kayu Raja di Kerobokan, Kuta Utara.

Sebelumnya data dari Dinas Pariwisata Bali menunjukkan kunjungan wisdom terbanyak terjadi pada 2019. Jumlah wisdom yang berwisata ke Bali pada 2019 tercatat 10,5 juta orang. Sedangkan pada 2018 sebanyak 9,7 juta orang. Namun karena dihantam pandemi Covid-19, pada 2020 hingga 2021, jumlah wisdom ke Bali anjlok. Pada 2020 hanya tercatat 4,5 juta orang dan pada 2021 tercatat 4,3 juta. Kemudian kembali meningkat pada 2022 mencapai 8,0 juta. Data terakhir sampai dengan Februari 2023, tercatat wisdom yang berkunjung ke Pulau Dewata sudah tembus 720.164 orang. *K17

Komentar