nusabali

Alat Pengukur Kualitas Udara Dipasang di Badung

  • www.nusabali.com-alat-pengukur-kualitas-udara-dipasang-di-badung

Total ada 10 alat pengukur kualitas udara yang akan dipasang di beberapa titik, yakni kawasan ITDC, Puspem Badung, dan RSD Mangusada.

MANGUPURA, NusaBali

Alat pengukuran kualitas udara dipasang di sejumlah titik di Kabupaten Badung. Alat pengukuran kualitas udara yang dipasang dalam program Bali Clean Air tersebut merupakan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dimiliki perusahaan AirScape.

“Alat pengukuran kualitas udara ini diharapkan bisa mewujudkan pariwisata Bali dan Badung khususnya lebih bersih. Bahkan, wisatawan nantinya tidak ragu untuk berkunjung,” ujar Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri launching pemasangan alat pengukuran kualitas udara di Tugu Manggala, Kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Kamis (6/4).

Adi Arnawa megapresiasi kepada perusahaan AirScape yang telah memberikan alat pengukuran kualitas udara yang akan dipasang di sejumlah titik di wilayah Badung, salah satunya di kawasan The Nusa Dua. Dia menilai langkah ini sangat penting dilakukan, karena Badung sebagai daerah pariwisata. “Dengan pemasangan alat ini nanti ada satu informasi bagi wisatawan yang datang ke Bali mengenai kualitas udara, sehingga tidak ada keraguan untuk berkunjung di Bali,” tegas birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

“Ini adalah program yang sangat bermanfaat dan tentunya menunjang sektor pariwisata,” imbuh Adi Arnawa. Dalam kegiatan launching tessebut turut dihadiri General Manager ITDC I Gusti Ngurah Ardita didampingi Vice President Operation & Services The Nusa Dua I Putu Trisna Wijaya, Tim AirScape yang dipimpin Kurniawan Eko, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, perwakilan dari Dinas LHK Badung dan Bagian Pembangunan Setda Badung.

Di lokasi yang sama, General Manager ITDC I Gusti Ngurah Ardita, menyampaikan terima kasih atas support yang diberikan oleh Pemkab Badung. Tentunya program ini adalah bagian dari kepedulian Pemerintah Badung untuk mendukung sektor pariwisata. Dengan penambahan alat ini, wisatawan akan mengetahui kualitas udara yang ada di kawasan Nusa Dua khususnya.

“Ini akan sangat mendukung kita untuk peningkatan kunjungan wisatawan dan meyakinkan wisatawan bahwa di daerah kita udaranya segar dan bersih,” kata Ardita.

Sementara salah satu Tim AirScape, Kurniawan Eko menyebutkan kualitas udara di Bali sudah sangat bersih. Menurut dia, untuk apa dipasang alat pengukuran kualitas udara tersebut? Karena di Indonesia belum ada integrasi antara kualitas udara di suatu lokasi dengan gadget atau aplikasi. Kabupaten Badung akan menjadi kabupaten pertama yang menjadi contoh untuk seluruh kabupaten di Indonesia.

“Untuk CSR ini diserahkan 10 alat kepada Pemkab Badung. Pemasangannya dilakukan di beberapa titik, yakni di tiga buah alat dipasang di kawasan ITDC, sisanya dipasang di kawasan Puspem Badung, RSD Mangusada dan beberapa kawasan lainnya,” katanya. *dar

Komentar