nusabali

Pelabuhan Padangbai Siapkan 23 Kapal Layani Mudik Lebaran 2023

  • www.nusabali.com-pelabuhan-padangbai-siapkan-23-kapal-layani-mudik-lebaran-2023

AMLAPURA, NusaBali.com - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Pelabuhan Padangbai di Kabupaten Karangasem, Bali, menyediakan sebanyak 23 armada kapal roro untuk melayani arus mudik Lebaran 2023.

“Kapal dalam kondisi siap melayani angkutan Lebaran 2023 penyeberangan Bali-Lombok, NTB,” kata Manajer ASDP Pelabuhan Padangbai Hermin Welkis di Karangasem, Bali, Kamis (6/4/2023).

Menurut dia, tidak ada penambahan armada kapal roll on-roll off (roro) yang melayani arus mudik Lebaran 2023 namun memaksimalkan kapal yang saat ini beroperasi.

Meski begitu, ASDP Padangbai akan mengoptimalkan pelayanan kepada penumpang atau pemudik yang pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri, 1444 Hijriah.

Untuk mendukung kesiapan angkutan mudik Lebaran 2023, pihaknya melakukan penataan fasilitas di antaranya loket penumpang dan di area dermaga.

Loket penumpang masih tetap sama yakni empat loket dan ada dua dermaga yang mendukung pelayaran di Pelabuhan Padangbai.

Periode angkutan lebaran untuk penyeberangan berdasarkan data Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai dimulai Jumat (7/4/2023) hingga Senin (8/5/2023).

Selama periode itu, Hermin memperkirakan puncak arus mudik terjadi H-2 dan H-1 Lebaran.

Sementara itu, seiring terkendalinya kasus Covid-19 dan melonggarnya pembatasan aktivitas masyarakat, ASDP Pelabuhan Padangbai memperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang atau pemudik hingga mencapai sekitar 14 persen jika dibandingkan periode sama 2022.

Ia mencatat selama periode mudik 2022 di Pelabuhan Padangbai tercatat sebanyak 15.149 orang.

Berdasarkan data ASDP, penyeberangan Pelabuhan Padangbai, Bali menuju Pelabuhan Lembar, Lombok merupakan satu dari total delapan lintasan penyeberangan laut yang terpantau nasional di bawah koordinasi kantor cabang masing-masing.

Untuk di wilayah Bali, selain di Pelabuhan Padangbai, pemantauan secara nasional lintasan penyeberangan laut yang merupakan salah satu jalur sibuk yakni di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. *ant

Komentar