nusabali

Pertamina Gencar Promosikan Produk UMKM Binaan

  • www.nusabali.com-pertamina-gencar-promosikan-produk-umkm-binaan

JAKARTA, NusaBali.com - Pertamina gencar mempromosikan produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan melalui berbagai kegiatan bazar selama Ramadan 1444 Hijriah.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Ramadan merupakan momentum bagi UMKM meningkatkan omzet mengingat konsumsi masyarakat terus meningkat hingga Idul Fitri nanti.

"Peluang ini pun dimanfaatkan Pertamina dengan mengikutsertakan UMKM binaan dalam berbagai bazar selama Ramadan," kata Fadjar Djoko Santoso, Rabu (5/4/2023).

Menurut dia, dukungan Pertamina kepada UMKM tersebut selaras dengan tema peringatan Ramadan di Pertamina yakni ‘Rasa Syukur adalah Energi.’

"Ini menjadi salah satu bentuk rasa syukur kita semua di bulan suci ini sehingga diharapkan menjadi energi bagi para pelaku ekonomi mikro, kecil, dan menengah untuk kembali bergeliat dalam mendorong kemajuan ekonomi bangsa," jelasnya.

Kegiatan bazar tersebut juga merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Fadjar melanjutkan setidaknya 25 UMKM binaan mengikuti ajang bazar dalam dan luar negeri selama Ramadan ini.

Salah satunya, Bazar ‘Sobat Energi Belanja UMKM’ yang digelar Kementerian ESDM dan dibuka Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Menteri Arifin menyampaikan Kementerian ESDM sebagai bagian dari keanggotaan Gernas BBI turut memajukan pelaku UMKM.

"Bazar diharapkan menjadi sarana dan wadah bersama meningkatkan dan memasarkan produk-produk UMKM. Kegiatan ini bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Pertamina, Mind ID, PLN, SKK Migas, dan bank BUMN dengan UMKM binaannya," jelasnya.

Pertamina juga menggelar SMEXPO Bazar Ramadan di Grha Pertamina, Jakarta, pada 3-6 April 2023, dengan produk unggulan aneka produk makanan siap saji, kue kering, busana Muslim, dan perlengkapan ibadah.

Selanjutnya, Pertamina bekerja sama dengan Kadin Indonesia dan Kementerian BUMN mengikutsertakan mitra binaan dalam UMKM Go Global Trade Mission di West Mall Singapura, pada 3 -9 April 2023.

Ada 10 produk mitra binaan unggulan seperti kopi, madu, kerajinan, dan teh herbal, yang dikurasi Kadin, turut ambil bagian.

Program tersebut merupakan upaya Kementerian BUMN mendorong UMKM binaan BUMN dan Rumah BUMN menembus pasar dunia.

Trade Mission Singapore 2023 menjadi salah satu ajang pameran kriya dan produk-produk dalam negeri.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan keikutsertaan BUMN dalam acara Trade Mission Singapore itu membawa angin segar kepada pelaku usaha agar mampu bersaing dalam pasar global.

Sementara itu, pemilik usaha olahan jamur, Ninikus, yang ikut dalam Bazar SMEXPO Pertamina, Lia mengatakan Ramadan dapat menjadi momentum bagi UMKM bangkit kembali dengan terus berkreasi menciptakan produk-produk unggulan.

Pertamina melalui program pendanaan usaha mikro, kecil, dan menengah (PUMK), berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui dukungan terhadap UMKM.

Program itu bertujuan meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak berantai bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Fadjar, Pertamina konsisten menjalankan tujuan SDGs Nomor 8 yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif, dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua. *ant

Komentar