nusabali

Gelorakan Ajaran Bung Karno ke Sekolah

  • www.nusabali.com-gelorakan-ajaran-bung-karno-ke-sekolah

Jajaran PDIP Klungkung turun ke sekolah-sekolah untuk menggelorakan ajaran Bung Karno, serangkaian Bulan Bung Karno, Juni 2017. 

SEMARAPURA, NusaBali
Penggeloraan ini melalui pemberian ‘Kata-kata Mutiara Bung Karno (KMBK)’ dalam sejumlah bingkai ke sekolah-sekolah. 

Kegiatan ini menyasar sekolah di Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (8/6). Di antaranya, SMAN 1 Dawan, SMPN 2 Dawan dan SDN 3 Gunaksa dan lainnya. KMBK tersebut dipasang di masing-masing ruangan kelas. Diharapkan, dengan langkah tersebut bisa membangkitkan nilai-nilai perjuangan Bung Karno. “Kegiatan ini dimotori PDIP, namun ajaran Bung Karno itu adalah milik kita semua,” tegas Sekretaris DPC PDIP Klungkung, Sang Nyoman Putrayasa.

Penyebaran KMBK dipimpin oleh oleh Ketua DPC PDIP Klungkung Anak Agung Gede Anom dan seluruh Fraksi PDIP Klungkung. Untuk penyebaran sisanya akan dilakukan secara berkelanjutan mulai dari SD hingga SMA/SMK. “Kalau sudah terpasang di ruangan kelas otomatis siswa akan membacanya setiap saat,” imbuh Putrayasa.

Putrayasa menyebut penyerahan KMBK untuk membumikan semangat Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan Bapak Poklamator NKRI yang selama ini terkesan terlupakan. “Maka langkah ini untuk mengenang kembali jasa-jasa beliau, sehingga kita bisa melanjutkan cita-cita beliau,” katanya.

Dari 500 KMBK yang ada hanya diambil 4 buah yakni ‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa Pahlawannya’, ‘Barang siapa ingin mutiara harus berani terjun di lautan yang dalam’, ‘Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin’, ‘Gantungkan cita-cita mu setinggi langit. Jika Engkau jatuh, Engkau akan jatuh di antara bintang-bintang’.*wa

Komentar