nusabali

Dinas LHK Sosialisasi Door to Door soal Pemilahan Sampah dari Rumah

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-sosialisasi-door-to-door-soal-pemilahan-sampah-dari-rumah

DENPASAR, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar mulai menggelar sosialisasi secara door to door mengenai pemilahan sampah dari rumah.

Sosialisasi tersebut diawali dari Desa Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Senin (3/4). Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas LHK Kota Denpasar Cok Istri Mirahyani, mengungkapkan sosialisasi ini untuk mengendalikan dan memudahkan pengolahan sampah. Selain itu masyarakat dapat memilah sampah dari sumber.

Sosialisasi ini akan dilaksanakan di 6 desa di Kecamatan Denpasar Timur. Sosialisasi dan edukasi ini dilaksanakan oleh juru pemantau lingkungan Dinas LHK Kota Denpasar. “Dibantu juga oleh perangkat desa setempat dengan menyasar seluruh rumah warga di Desa Sumerta Kelod,” jelasnya.

Sosialisasi ini juga terkait pengendalian pencemaran lingkungan agar masyarakat dapat bekerjasama untuk turut melaksanakan pemilihan antara sampah organik dan nonorganik. Sehingga program Pemkot Denpasar dalam mengurangi jumlah sampah yang terbuang ke TPA dapat tercapai.

Mahayani berharap sampah yang telah dipilah masyarakat khususnya sampah nonorganik seperti botol plastik dapat dijual dan ditabung di bank sampah terdekat yang ada di masing-masing banjar. Sementara sampah nonorganik akan diambil oleh petugas swakelola.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam pengelolaan sampah di Kota Denpasar. Karena selama ini mereka belum melaksanakan secara maksimal, itu sebabnya kenapa kami lakukan sosialisasi door to door,” ujar Mahayani. *mis

Komentar