nusabali

Politisi Muda Golkar Dito Ariotedjo Jadi Menpora

ANOC World Beach Games 2023 di Bali Jadi Atensi

  • www.nusabali.com-politisi-muda-golkar-dito-ariotedjo-jadi-menpora

JAKARTA, NusaBali
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4).

Dia menggantikan Zainudin Amali yang telah mundur karena ingin fokus menjabat Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI. Pelantikan Dito Ariotedjo berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Sejumlah tugas penting menunggu gebrakan dari Menpora Dito, seperti menyiapkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games XXXII/2023 di Kamboja pada 5-17 Mei dan gelaran ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali, 5-12 Agustus mendatang

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Dito dilakukan berbarengan dengan pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Selanjutnya Presiden mengambil sumpah kepada Dito sebagai Menpora baru sekaligus Rycko sebagai Kepala BNPT. Dito Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali yang telah mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023.

Amali mundur karena ingin fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Sementara Presiden Jokowi sebelumnya menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas Menpora. Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui menjadi Ketua Panitia HUT Ke-58 Golkar pada tahun lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport. Di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Ia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Usai dilantik Presiden Jokowi memberikan tiga pesan penting kepada Menpora Dito Ariotedjo. "Ada tiga poin dari Pak Presiden," kata Dito kepada wartawan usai pelantikan. Pesan pertama, kata Dito, Presiden Jokowi ingin di ajang SEA Games dan Asian Games, Indonesia memprioritaskan cabang-cabang olahraga yang memiliki potensi meraih medali.

"Jadi, harus efisien; tetapi kita mendapatkan hasil medali yang baik," imbuhnya. Kedua, Presiden Jokowi ingin liga-liga pertandingan olahraga secara masif dilaksanakan di level pendidikan sekolah, kuliah, serta untuk rakyat dengan menggalakkan liga antar-kampung. Pesan ketiga, lanjut Dito, Presiden Jokowi ingin ekosistem industri olahraga Indonesia semakin maju dan mapan. "Dan untuk pemuda, Pak Presiden ingin pengembangan pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan juga profesionalitas dan dengan capaian indeks pembangunan pemudanya naik," katanya.

Dito Ariotedjo mengaku baru diberi tahu sehari sebelumnya soal dirinya bakal dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dia diberi tahu lewat sambungan telepon. "Baru kemarin (Minggu)," kata Dito. Dito mengatakan dia memperbanyak berdoa sebelum pelantikan Menpora. Selain itu, dia sudah banyak menghabiskan waktu bersama keluarga pada Minggu kemarin. "Kemarin udah sama keluarga puas-puasin karena mungkin insyaallah abis dilantik kita udah fokus buat negara," ujar Dito.

Dito didampingi keluarganya tiba di Kompleks Istana Kepresidenan pukul 15.05 WIB. Dia sempat menggendong anaknya sambil meladeni pertanyaan wartawan. Dito menyatakan akan lekas bergerak untuk mencari titik temu demi kelancaran penyelenggaraan ajang internasional, ANOC World Beach Games (AWBG) 2023, yang dijadwalkan berlangsung di Bali, 5-12 Agustus mendatang. "Pasti mulai per hari ini saya akan coba bicara ke seluruh stakeholders yang ada, semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan menemukan titik temu lah," kata Dito kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, selepas prosesi pelantikan.

Menpora mengaku bahwa dia banyak berkaca atas kontroversi Piala Dunia U-20 2023, yang sedianya dilangsungkan di Indonesia, tapi dibatalkan oleh FIFA pada pekan lalu. FIFA melalui pengumuman mereka menyatakan keputusan itu dilakukan atas pertimbangan ‘kondisi terkini’ tanpa alasan spesifik, tetapi pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 terjadi di tengah riuhnya gelombang penolakan keikutsertaan tim nasional Israel di ajang tersebut.

Kendati demikian, Menpora Dito menegaskan bahwa dia akan melakukan pertemuan dengan segenap pemangku kepentingan demi berupaya menjamin kelancaran AWBG 2023. "Ya mungkin karena kita anak muda, semua kita temuin," ujarnya.

Di sisi lain, Menpora juga menekankan akan mengikuti arahan Presiden Jokowi yang beberapa waktu lalu meminta agar semua pihak bisa bersikap bijak dan tidak mencampuradukkan persoalan olahraga dengan politik. "Saya sesuai apa yang dibicarakan Presiden, bahwa harus dipisahkan kedua hal itu, walau hal ini ada sesuatu (yang) kompleksitasnya tinggi, ya tapi memang kita akan usahakan yang terbaik," pungkas Dito.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan penunjukan Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) oleh Presiden Joko Widodo merupakan keputusan tepat. “Kinerjanya baik, sehingga tepat Bapak Presiden menunjuk beliau,” kata Airlangga dijumpai usai pelantikan Dito sebagai Menpora di Istana Negara, Jakarta. Dia mengatakan selama ini Dito bertugas menjadi tenaga ahli di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, dan Dito juga salah satu kader Golkar yang menonjol.

“Tentu kan arahan Pak Presiden menghendaki Menteri Pemuda yang memang berusia muda, nah salah satu kader Partai Golkar yang selama ini juga cukup menonjol adalah saudara Dito Ariotedjo dan itu sedang bertugas menjadi tenaga ahli di kantor saya,” kata dia. Airlangga berharap Dito dapat mengembalikan kepercayaan terhadap olahraga dan kepemudaan, dan diharapkan bisa melibatkan kelompok-kelompok di setiap level masyarakat. *ant

Komentar