nusabali

Pasca Bencana, Perumda Tirta Danu Gelar Ngersi Gana

  • www.nusabali.com-pasca-bencana-perumda-tirta-danu-gelar-ngersi-gana

BANGLI, NusaBali - Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli menggelar upacara Ngersi Gana di sumber mata air yang berlokasi di Tukad Melangit, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli pada Minggu (2/4)

Upacara ini dilaksanakan untuk keseimbangan dan keharmonisan alam. Selain Ngersi Gana, juga dilaksanakan upacara Mendak Tirta.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan pada Purnama Kadasa pada Rabu (5/4) akan dilaksanakan piodalan di Padmasana, Kantor Perumda Tirta Danu Arta. Berkaitan dengan itu, sejumlah upacara dilaksanakan yakni upacara Macaru di areal kantor, dilanjutkan Ngersi Gana dan Mendak Tirta.

Upacara Ngersi Gana dilakukan di tiga lokasi, yakni sumber mata air Gamongan 1, sumber mata air Jangkan dan sumber mata air Cingang. Upacara ini untuk memohon keselamatan dan juga kelancaran dalam pelaksanaan pelayanan. "Harapan usaha kami dilancarkan sekala dan niskala," jelasnya Minggu (2/4).

Dewa  Ratno, tidak dipungkiri bebarapa kali jaringan di sumber mata air terdampak akibat terjadinya bencana longsor. Secara sekala, pihaknya sudah melakukan perbaikan, dan untuk niskala dilaksanakan melalui upacara.

Lanjutnya, dilaksanakan juga upacara mendak tirta. Upacara ini dilakukan juga dibeberapa sumber dan posisi dilakukan secara bergantian. "Mendak Tirta untuk nunas kerahayuan kepada Ida Sang Hyang Widi sebagai pemilik alam beserta isinya. Selama ini kita memanfaatkan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sebagai wujud syukur maka dilaksanakan upacara ini," ujarnya.7esa

Komentar