nusabali

KPU Tabanan Tak Verifikasi Faktual Partai Prima

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-tak-verifikasi-faktual-partai-prima

TABANAN, NusaBali - Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang telah lolos verifikasi administrasi sebagai calon peserta Pemilu 2024, akan mengikuti proses verifikasi faktual. Namun untuk di Kabupaten Tabanan, KPU tidak melakukan verifikasi faktual kepada Partai Prima. 

KPU Tabanan menyebutkan tak ada pengurus maupun pendukung yang terdaftar. “Kebetulan tidak ada pengurus dan pendukungnya di Tabanan sehingga kita tak lakukan verifikasi factual,” ujar Ketua KPU Tabanan I Putu Gede Weda Subawa, dihubungi, Sabtu (1/4). 

Menurut dia, Partai Prima diketahui tidak ada pengurus dari Sipol (Sistem Informasi Partai Politik). Bahkan sejak awal pun tidak pernah komunikasi ataupun koordinasi ke KPU Tabanan, baik dari pendukung dan pengurus partai. “Jadi dari dulu sudah tidak ada, sama dengan Partai Buruh, kita juga tidak lakukan verifikasi faktual,” ujar Weda Subawa. 

Dia menjelaskan, partai politik bisa ikut menjadi peserta pemilu, sesuai aturan Pemilu, dengan syarat memiliki pengurus di tingkat provinsi. Minimal 50 persen plus satu dari jumlah kabupaten/kota yang ada. “Di Bali ada sembilan kabupaten/kota, jadi pengurusnya minimal harus ada di 6 kabupaten. Nah Partai Prima sudah ada pengurusnya di 6 kabupaten/kota, Setahu kami selain di Tabanan, di Kabupaten Karangasem juga tidak ada,” tegasnya. 

Weda membeberkan Partai Prima menyusul melakukan tahapan verifikasi faktual setelah menang gugatan lewat Bawaslu RI. Oleh karena itu KPU RI memutuskan Partai Prima lolos verifikasi administrasi sehingga Sipol Partai Prima dibuka. “Kalau verifikasi partai yang lain sudah rampung dilakukan akhir Desember. Dan nantinya jika Partai Prima lolos verifikasi faktual maka nanti ada 19 partai menjadi peserta Pemilu 2024,” katanya. 

Saat ini KPU Tabanan tengah fokus melakukan pemutakhiran data pemilih. Tahapannya sudah selesai pleno di masing-masing desa dan akan menyusul pleno di kecamatan dan kabupaten. “Untuk pleno di kecamatan kita jadwalkan besok (hari ini,red), sementara di kabupaten pada 4 April,” tandas Weda Subawa. des

Komentar