nusabali

Ada Piala Asia, PSSI Diminta Pertahankan Shin Tae-yong

  • www.nusabali.com-ada-piala-asia-pssi-diminta-pertahankan-shin-tae-yong

YOGYAKARTA, NusaBali - Legenda hidup sepakbola Bali I Komang Mariawan meminta PSSI mempertahankan Shin Tae-yong (STY). Menurutnya, tidak elok jika STY terdepak karena Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia.

Apalagi saat ini masih ada agenda penting lainnya di depan mata, yakni Piala Asia 2023, yang akan digelar pada 16 Juni-16 Juli di Qatar. 

“Berilah dia kesempatan sekali lagi di Piala Asia. STY juga yang meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia. Kebetulan ranking FIFA Indonesia juga naik di era STY kan. Kalau dari segi permainan, fisik, dan mental pemain, sudah tidak perlu diragukan lagi,” kata Komang Mariawan, Jumat (31/3).

Sama dengan Komang Mariawan, legenda hidup Bali lainnya I Made Pasek Wijaya juga mengungkapkan hal yang senada.

“Masih ada Piala Asia, jadi perlu dilihat juga. Lain halnya kalau tidak ada kompetisi lagi setelah Piala Dunia U-20. PSSI perlu mempertimbangkan untuk tidak bekerjasama lagi dengan STY,” kata Pasek Wijaya.

Pasek mengungkapkan jika sudah tidak ada kompetisi ke depannya, PSSI bisa mencari pelatih-pelatih lokal yang gajinya masih dibawah STY untuk menekan biaya. “Sekarang dilihat dulu hasil di Piala Asia,” kata Made Pasek Wijaya, kepada bola.com.

Mantan pemain Timnas itu melihat STY memiliki kualitas sehingga di Piala Asia Indonesia dapat berbicara banyak meskipun menjadi tim peserta dengan ranking FIFA terendah.

Walaupun belum pernah juara dengan Timnas Indonesia, kata Pasek Wijaya, permainan Timnas semakin membaik. Dia meminta tidak memikirkan juara dulu, tapi prosesnya seperti apa bersama STY.

“Piala Asia ini tidak kalah berat. Misalnya ada perubahan pelatih di tengah jalan, pasti berubah juga skema permainan, karakter, dan sebagainya. Kalau pendapat saya pribadi, lebih baik STY dipertahankan sambil melihat hasil di Piala Asia,” kata Made Pasek Wijaya. *

Komentar