nusabali

Renovasi Dermaga Ponton Gilimanuk Ditunda

  • www.nusabali.com-renovasi-dermaga-ponton-gilimanuk-ditunda

Mempertimbangkan situasi jelang masa Angkutan Lebaran, pengerjaan renovasi dermaga apung ditunda hingga selesai Angkutan Lebaran 2023.

NEGARA, NusaBali
Proyek renovasi Dermaga Ponton untuk ditingkatkan menjadi Dermaga Movable Bridge (MB) di Pelabuhan Gilimanuk, ditunda. Penundaan renovasi dermaga apung ini dilakukan karena dikhawatirkan menghambat kelancaran penyeberangan saat masa Angkutan Lebaran.

Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Djumadi, Jumat (31/3), mengatakan, proyek renovasi Dermaga Ponton itu seharusnya sudah mulai dikerjakan per awal bulan Maret lalu. Namun mempertimbangkan situasi jelang masa Angkutan Lebaran, pengerjaan renovasi dermaga apung itu pun ditunda hingga selesai Angkutan Lebaran pada akhir April mendatang.

"Dikhawatirkan mengganggu arus mudik ataupun arus balik Lebaran. Karena pertimbangan itu, dari cabang sudah mengusulkan ke Pusat agar dikerjakan setelah Angkutan Lebaran. Intinya biar tidak mengganggu Angkutan Lebaran," ujar Djumadi. 

Djumadi mengatakan, sebelumya baru ada proses persiapan terkait renovasi dan belum sampai dilakukan pembongkaran dermaga. Namun dalam proses persiapan renovasi itu, Dermaga Ponton sempat ditutup.

"Sempat ditutup hanya seminggu atau sekitar dua minggu. Ditutup karena persiapan. Seperti pengukuran lokasi, dan menentukan rencana titik-titik lokasi tiang pancang," ucap Djumadi.

Djumadi mengaku, sebelumnya dari pihak rekanan sudah mendatangkan sejumlah alat ataupun bahan material bangunan ke Gilimanuk. Namun seiring penundaan renovasi, sejumlah bahan material itu pun sudah dirapikan sehingga tidak menggangu aktivitas bongkar muat di Dermaga Ponton. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Dermaga Ponton yang juga satu-satunya dermaga apung yang tersisa di lintasan penyeberangan Selat Bali, itu rencananya direnovasi untuk dijadikan Dermaga MB. Renovasi itu pun akan meningkatkan kapasitas beban dermaga ataupun beban muatan.  

Di mana beban Dermaga Ponton itu hanya berkapasitas maksimal 10 ton. Namun setelah nantinya diganti menjadi Dermaga MB, kapasitasnya akan meningkat menjadi 35 ton. Setelah selesai diupgrade, nantinya hanya ada dua jenis dermaga dari total 7 dermaga di Pelabuhan Gilimanuk yakni Dermaga MB sebanyak 4 dermaga, dan 3 Dermaga LCM. 7ode

Komentar