nusabali

Undiksha Wisuda 769 Mahasiswa, Lulusan Diajak Adaptif dengan Perkembangan Zaman

  • www.nusabali.com-undiksha-wisuda-769-mahasiswa-lulusan-diajak-adaptif-dengan-perkembangan-zaman

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja mewisuda 769 mahasiswa dalam Wisuda LXX di Gedung Auditorium Unidksha Singaraja, Jumat (31/3).

Ratusan wisudawan ini berasal dari jenjang pendidikan D3, S1, S2, dan S3.  Melalui momen ini, Undiksha mengajak wisudawan dari berbagai program studi untuk untuk adaptif terhadap perubahan. 

Rektor Undiksha, Prof Dr I Nyoman Jampel MPd mengingatkan, masa depan yang akan dihadapi wisudawan akan penuh dengan tantangan dan perubahan. Mereka diharapkan mampu mengatasi perubahan dengan kemampuan yang didapat selama masa kuliah. "Kami di Undiksha berusaha membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi, skill, menguasai teknologi, dan nilai-nilai karakter," ujarnya.

Ia memandang optimis para alumni akan mampu mengatasi ketidakpastian di masa depan. Untuk itu, mahasiswa diajak adaptif dengan perkembangan zaman. "Masa depan tidak menentu, apakah pengetahuan yang dikuasai sekarang berperan saat itu. Tapi memang kalau tidak berperan lagi, harus ditinggalkan, dan belajar pengetahuan baru yang berlaku saat itu," pesannya.


Selama masa studi, para lulusan baik sarjana, magister, maupun doktor dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, teknologi, dan nilai-nilai hidup. Harapannya agar mampu memperoleh pekerjaan yang layak serta mampu menciptakan lapangan kerja, serta bermanfaat.

Para lulusan juga diharapkan dapat menjadi sosok yang tangguh, siap menghadapi dan mengatasi masa depan yang rentan cepat berubah. Oleh karena itu, perlu untuk terus mengembangkan dan menguasai keterampilan abad ke-21. Selain kompetensi teknologi, keterampilan lainnya adalah berpikir kritis.

Lulusan juga dituntut harus kreatif sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan kolaborasi dan komunikasi. "Jika itu dikuasai, maka bisa menghadapi tiap tantangan di masa depan," tandas Jampel. @mzk

Komentar