nusabali

Diplomasi 'Arak Bali' Gubernur Koster Menuai Dukungan

MCC Janji Fasilitasi Pemasaran Arak Bali ke Pasar Internasional

  • www.nusabali.com-diplomasi-arak-bali-gubernur-koster-menuai-dukungan

DENPASAR, NusaBali
Diplomasi Arak Bali yang dilakukan Gubernur Bali, Wayan Koster selama di Washington DC dan New York, Amerika Serikat (AS) pada 14-16 Maret 2023 menggugah Millennium Challenge Corporation (MCC) untuk membantu misi Gubernur Koster meningkatkan harkat Arak Bali sebagai minuman spirit ke-7 dunia, setelah Whiskey, Rum, Gin, Vodka, Tequila, dan Brandy.

Diplomasi Arak Bali tersebut dilakukan usai Gubernur Koster menjadi pembicara di World Bank Group tentang ‘Transforming Transportation’ dengan memaparkan materi Filosofi Nangun Sat Kerthi Loka Bali untuk Ketahanan Transportasi (Transportasi Cerdas, Berkelanjutan, dan Tangguh), yang kemudian melanjutkan pertemuan dengan sejumlah lembaga internasional, seperti Laconic Infrastructure Partners, World Resources Institute (WRI), Bank Dunia/World Bank Group, United States Agency for International Development (USAID), Millennium Challenge Corporation (MCC), Bloomberg Philanthropies, Kedutaan Besar RI di Washington DC, dan Konjen RI di New York. Dalam pertemuan itu dibarengi dengan memberikan cinderamata Produk Arak Bali dan Kain Tenun Endek Bali.

Millennium Challenge Corporation (MCC) yang merupakan lembaga milik Kongres AS, yang mempunyai tujuan untuk memperkuat kerjasama/kolaborasi di dalam membantu skema pendanaan terkait adaptasi perubahan iklim dan penguatan UMKM, sangat mengapresiasi visi pembangunan Daerah Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, dan mengagumi kebijakan Gubernur Koster menggunakan busana Adat Bali ke Kantor MCC di Washington DC, AS. Sekaligus menyempatkan waktu memperkenalkan Arak Bali sebagai Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali yang memiliki cita rasa berkualitas tinggi atau tidak kalah dengan Soju dari Korea, Sake dari Jepang, dan tidak kalah dengan Whiskey dari Eropa.

Vice President of Compact Operations at the US MCC, Cameron Alford, Deputy Vice President of Europe, Asia, Pacific, and Latin America, Jonathan Brooks, Officer for Indonesia, Martha Bowen, dan Managing Director of Portfolio Administration in the MCC, Amanda Jennings di hadapan Gubernur Koster menyatakan bahwa MCC sangat mendukung a Arak Bali.

Untuk itu, MCC menjanjikan akan membantu pemasaran Arak Bali sebagai produk lokal khas Bali yang berkualitas di pasar internasional, dengan harapan memberikan dampak positif terhadap penguatan UMKM di Provinsi Bali maupun meningkatnya kesejahteraan petani dan perajin Arak Bali. Bantuan yang diberikan MCC kepada Arak Bali merupakan kebijakan yang sama dilakukan sebelumnya kepada minuman Rum dari Afrika. Dimana saat itu, MCC terlibat aktif memfasilitasi produk lokal Rum dari Afrika di Pasar Internasional hingga dikenal dunia. *nat

Komentar