nusabali

Dinas Perpustakaan Usulkan Penambahan Buku

  • www.nusabali.com-dinas-perpustakaan-usulkan-penambahan-buku

SEMARAPURA, NusaBali
Bangunan Kantor Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum di Jalan Ngurah Rai, Kota Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung diresmikan pada Kamis (16/2) lalu.

Pembangunan Perpustakaan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) fisik Rp 4,5 miliar. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung mengusulkan penambahan buku pada anggaran perubahan.

Perpustakaan Daerah Klungkung melakukan pengadaan buku pada Tahun 2019 lalu. Total koleksi buku di Perpusda Klungkung sebanyak 10.635 judul dan 19.193 eksemplar dan sudah memadai berdasarkan standar nasional Perpustakaan. Namun, sekitar 40 persen buku koleksi di Perpustakaan Klungkung merupakan buku terbitan lama. Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, I Komang Gede Wisnuadi mengatakan, ke depan buku lama yang dianggap sudah tidak relevan akan dipilah untuk display.

“Kami akan mengusulkan penambahan buku pada anggaran APBD Perubahan 2023,” ujar Wisnuadi, Rabu (29/3). Selain itu, upaya untuk penambahan buku sudah dilakukan melalui surat permohonan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kepada Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Bali, Museum Nasional RI, dan buku-buku itu sudah diterima. “Untuk perhatian dan komitmen Bapak Bupati juga sudah menyumbang buku dan nanti masih dikomunikasikan dengan Dirjen Dikti untuk mohon bantuan buku,” ujar Wisnuadi.

Dinas Kearsipan dan Perpustakan Klungkung juga dihadapkan tantangan menumbuhkan minat masyarakat untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah. Berdasarkan data di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, per bulan rata-rata kunjungan warga ke Perpustakaan Daerah sudah meningkat. Kunjungan 140 orang per bulan karena ada kegiatan kunjungan perpustakaan dari anak sekolah yang diupayakan rutin setiap bulannya. *wan

Komentar