nusabali

Bangunan di Objek Wisata Kertha Gosa Perlu Penanganan

  • www.nusabali.com-bangunan-di-objek-wisata-kertha-gosa-perlu-penanganan

SEMARAPURA, NusaBali
Sejumlah bangunan di areal Objek Wisata Kertha Gosa, Kota Semarapura, Klungkung posisinya miring dan beberapa bagian retak.

Di antaranya bangunan bale bengong, bale kulkul, dan pamedal agung. Bangunan tersebut memerlukan pemeliharaan. Pasalnya kondisi bangunan agak miring dan retak di beberapa titik. Hanya saja proses pemeliharaan terkendala masalah aset kepemilikan.

Kadis Kebudayaan Klungkung, Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana mengatakan, pemeliharaan Kertha Gosa sudah diusulkan dari tahun-tahun sebelumnya. “Kami terkendala aset kepemilikan. Memang asetnya tercatat di kami namun kepemilikannya belum jelas. Masih berstatus quo antara puri dan Pemkab Klungkung,” ujar Gus Jumpung, Rabu (29/3). Dinas Kebudayaan Klungkung sudah buat kajian untuk pemeliharaan. Teknisnya, apakah bentuk hibah atau lainnya merupakan kebijakan bupati.

Gus Jumpung juga merasa khawatir dan waswas atas kondisi pamedal agung. Terlebih sejak beberapa bulan terakhir ini hujan disertai angin kencang kerap terjadi di Kabupaten Klungkung sehingga rawan memperburuk kondisi bangunan tersebut. “Apalagi sempat terjadi gempa beberapa waktu lalu, tentu kami sangat khawatir,” ungkap Gus Jumpung. Seperti diketahui pembahasan status kawasan Kerta Gosa sudah beberapa kali dilakukan, hanya saja belum ada titik temu. Kalau statusnya sudah jelas, baru bisa melakukan merestorasi. *wan

Komentar