nusabali

RKPD Karangasem 2024 Perlu Rp 2,4 T

  • www.nusabali.com-rkpd-karangasem-2024-perlu-rp-24-t

AMLAPURA, NusaBali
Rancangan Renja Perangkat Daerah (RKPD) Karangasem tahun 2024 membutuhkan anggaran Rp 2,403 triliun. Anggaran itu untuk mendanai 206 program, 504 kegiatan, dan 1.518 sub kegiatan.

Sedangkan kemampuan keuangan daerah belum mencapai angka sebesar itu. Atas dasar itu mesti mengacu sekala prioritas. Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengungkapkan hal itu, saat membuka acara Musrenbangda (Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah) Karangasem di Gedung Sabha Prakerti, Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Rabu (29/3).

Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa mengingatkan, agar program yang sejak awal yang telah terencana bisa terlaksana dengan baik, tetap mengacu prioritas usulan. Terlebih dahulu mesti mematangkan perencanaan, mengingat pemerintahan yang baik melalui perencanaan yang baik pula. “Perencanaan itu sangat strategis menentukan kualitas pembangunan ke depan, menyangkut data-data mesti akurat, seperti data kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, hingga prospek ke depan,” jelasnya.

Apalagi, katanya, Karangasem mengandalkan bidang pertanian, dan pariwisata hendaknya perlu adanya inovasi agar hasilnya semakin optimal. “Kita dari tahun ke tahun bicara kemiskinan, saya target kemiskinan ekstrem harus tuntas tahun 2024,” tegasnya.

Potensi Karangasem lainny, lanjut I Wayan Artha Dipa, tambang MBLB (mineral bukan logam dan batuan), sektor pariwisata dengan tiga kawasan wisata, dan 77 objek daya tarik wisata. IPM (indeks pembangunan manusia) Karangasem masih rendah di Bali, di tahun 2022 tercapai 68,28 persen, di bawah rata-arta Bali 76,44 persen. Pertumbuhan ekonomi juga terbilang rendah tahun 2022 tercapai 2,58 persen, di bawah pertumbuhan ekonomi Bali 4,84 persen.

Kepala Bapelitbangda (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Karangasem I Nyoman Sutirtayasa memaparkan, pembahasan Musrenbangda tahun 2023, terbagi tiga kelompok. Kelompok I membahas bidang perekonomian dan sumber daya alam, kelompok II bidang pemerintahan dan pembangunan manusia, dan kelompok III bidang infrastruktur dan kewilayahan.

Hadir di acara itu, Ketua DPRD I Wayan Suastika, Wakil Ketua I Nengah Sumardi dan I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, Sekda I Ketut Sedana Mertha dan segenap pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) Karangasem.*k16

Komentar