nusabali

Peremajaan Pipa PDAM Dirancang Mulai 2024

  • www.nusabali.com-peremajaan-pipa-pdam-dirancang-mulai-2024

DENPASAR, NusaBali
Peremajaan pipa Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma atau PDAM Kota Denpasar direncanakan dimulai pada pertengahan 2024.

Untuk peremajaan pipa tersebut dilakukan melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Hal tersebut dikemukakan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa. Untuk besaran anggaran peremajaan pipa ini akan menggunakan dua skema yakni skema air siap minum dan air tidak siap minum. Jika siap minum biaya yang diperlukan Rp 650 miliar, sedangkan skema tidak siap minum Rp 350 miliar.

“Untuk KPBU PDAM masih on progress, kurang lebih pertengahan 2024 sudah mulai. Masih didiskusikan dengan Pak Walikota. Apalagi dengan adanya KEK Sanur dan Serangan, mungkin akan mengarah ke air siap minum di beberapa titik,” kata Wawali Arya Wibawa, Senin (27/3).

Menurut Wawali Arya Wibawa, dari Rp 650 miliar tersebut sebagian akan dibantu oleh pemerintah pusat berkaitan dengan World Water Forum.

Sementara itu, sebelumnya Direktur Umum (Dirum) Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Ni Luh Sri Utami, mengatakan jika menggunakan skema air siap minum maka dari perhitungan ada banyak tambahan biaya yang diperlukan. Salah satunya penambahan reservoir, selain itu juga ada penambahan membran, dan peningkatan kualitas pipa.

Dia mengatakan, saat ini Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar memiliki 89.719 pelanggan. Ke depannya diharapkan jumlah pelanggan terus meningkat setiap tahun. *mis

Komentar