nusabali

Musrenbang RKPD Semesta 2024, Wabup Suiasa Sarankan Lima Hal

  • www.nusabali.com-musrenbang-rkpd-semesta-2024-wabup-suiasa-sarankan-lima-hal

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri sekaligus membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Semesta Tahun 2024 dengan tema ‘Percepatan Transformasi Ekonomi dan Investasi Daerah Dalam Rangka Peningkatan Stabilitas Perekonomian dan Daya Saing Daerah’, di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Selasa (28/3).

Wabup Suiasa menyarankan lima hal ini dalam penyusunan RKPD Semesta Kabupaten Badung Tahun 2024. Pertama, Wabup Suiasa menyarankan terkait usulan program/kegiatan/sub kegiatan perangkat daerah agar dibahas secara cermat diseleksi menjadi skala prioritas dengan mengacu pada RPJMD. Kedua, mengenai pengalokasian anggaran yang cukup dalam upaya menciptakan keseimbangan pembangunan di kelurahan/desa melalui prioritas program. Ketiga, mengenai pemberian atensi penuh atas pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten serta meningkatkan peran serta kinerja perangkat daerah. Keempat, adanya evaluasi target indikator kinerja terhadap realisasinya. Kelima, TAPD agar merancang postur belanja sejak penyusunan dokumen RKPD.

“Sesuai tema pembangunan daerah kali ini agar tidak dipandang sebagai untaian kata-kata yang manis, namun harus direnungkan bagaimana dan pola apa yang harus dilakukan dalam rangka mewujudkan pemberdayaan masyarakat,” kata Wabup Suiasa.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya, mengatakan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Badung Tahun 2024 merupakan forum yang sangat strategis. Forum ini merupakan tahapan terakhir dalam proses penyusunan dokumen RKPD. Melalui Musrenbang Kabupaten ini, rancangan RKPD akan disempurnakan menjadi rancangan akhir RKPD, untuk selanjutnya difasilitasi oleh Gubernur Bali, sebelum ditetapkan menjadi peraturan Bupati.

“Jadi tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2024 ini dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja, serta klasifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan,” kata Wira Dharmajaya.

Turut hadir Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Ketua II DPRD Badung I Made Sunarta dan para Ketua Komisi DPRD Kabupaten Badung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, para Asisten serta seluruh pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Badung, Camat se-Badung, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Badung serta segenap Pengurus Organisasi Kewanitaan di Kabupaten Badung, Lurah dan Perbekel se-Kabupaten Badung. *ind

Komentar