nusabali

Prancis dan Belanda Petik Kemenangan

  • www.nusabali.com-prancis-dan-belanda-petik-kemenangan

DUBLIN, NusaBali
Prancis mencatat kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Republik Irlandia dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 di Stadion Aviva, Dublin, Selasa (28/3) dini hari WITA.

Satu-satunya gol Les Bleus dicetak Benjamin Pavard di babak kedua. Kemenangan ini membuat Prancis tetap memuncaki klasemen sementara Grup B dengan raihan 6 poin dalam 2 pertandingan. Sementara itu Republik Irlandia berada di peringkat empat. Posisi kedua diduduki Yunani yang baru sekali main, sedangkan posisi 3 diisi Belanda yang mengalahkan Gibraltar 3-0.

Meski mendominasi penguasaan bola, tetapi Prancis kesulitan membongkar pertahanan Irlandia, sehingga babak pertama berakhir 0-0. Les Bleus akhirnya bisa memecah kebuntuan selepas jeda atau pada menit ke-50. Benjamin Pavard melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang sempat membentur mistar sebelum menjebol gawang tim tuan rumah. Prancis unggul 1-0.

Republik Irlandia tampil menyerang di sisa pertandingan dan mengancam gawang Prancis pada menit ke-84 lewat percobaan James McClean, tetapi masih bisa diselamatkan Mike Maignan. Tim tuan rumah semakin bernafsu untuk menyamakan kedudukan, tetapi mereka masih kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya.

Maignan membuat penyelamatan penting untuk Prancis di menit akhir laga. Dia bisa menepis tandukan Nathan Collins yang menyambut sepak pojok. Tidak ada gol tambahan hingga pertandingan berakhir. Prancis menang dengan skor tipis 1-0 atas Republik Irlandia.

Sementara itu Belanda meraih tiga poin perdana mereka di Feyenoord Stadium. Kemenangan 3-0 atas Gibraltar itu membuat Belanda menduduki peringkat ketiga Grup B dengan raihan tiga poin, setelah mereka dikalahkan Prancis 0-4 pada laga pertama. Sementara itu Gibraltar terpuruk di dasar klasemen karena belum meraih poin dari dua pertandingan.

Belanda tampil mendominasi di sepanjang pertandingan dengan mencatatkan 50 tembakan (12 on target) dan 87 persen penguasaan bola. Sedangkan Gibraltar tidak sekali pun mengancam gawang Belanda

Belanda membuka keunggulan pada menit ke-23 lewat gol Memphis Depay. Denzel Dumfries melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang berhasil disundul Depay menjadi gol pertama bagi tim tuan rumah.

Belanda sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-51 berkat sundulan Nathan Ake setelah memanfaatkan assist Dumfries. Gibraltar tertinggal 0-2.

Semenit kemudian, tim tamu terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Liam Walker mendapat kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran keras kepada Mats Wieffer.

Belanda bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menambah gol mereka pada menit ke-82. Ake kembali mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Daley Blind. *ant

Komentar