nusabali

Bali Destinasi Wisata Favorit Warga Chengdu Tiongkok

  • www.nusabali.com-bali-destinasi-wisata-favorit-warga-chengdu-tiongkok

DENPASAR, NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menerima jajaran Pemerintah Kota Dujiangyan, yang berada di wilayah Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok, bertempat di Ruang Tamu Wakil Gubernur Bali, Kantor Gubernur Bali, Niti Mandala, Denpasar, Senin (27/3).

Dalam kesempatan tersebut terungkap bahwa Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Chengdu.  Wagub Cok Ace yang pada kesempatan tersebut didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Ketut Sukra Negara dan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah Yustikarini, mengisahkan bahwa hubungan antara Bali dan Tiongkok sudah terjalin sejak lama.

“Hubungan Bali dengan Tiongkok secara historis sangat dekat, khususnya di bidang kebudayaan. Bahkan saat ini warisan budaya Tiongkok masih kita gunakan dan lestarikan,” ujarnya.

Menurut Wagub Cok Ace, Tiongkok memberikan pengaruh yang kuat dalam kebudayaan Bali hingga menimbulkan akulturasi dalam kebudayaan. Di samping itu Tiongkok merupakan salah satu negara penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak ke Bali sebelum pandemi Covid-19.

“Dulu sebelum Covid, Tiongkok dan Australia bersaing menjadi wisman terbanyak, bahkan wisman Tiongkok mencapai 1,2 juta orang per tahun,” ungkap Wagub Cok Ace.

Sementara saat ini jumlah kunjungan wisman Tiongkok pasca pandemi melandai mulai meningkat walaupun jumlahnya jauh di bawah ketika sebelum pandemi Covid-19. Meski demikian penerbangan internasional Bali dan Tiongkok telah dibuka melalui Xiamen Airlines yang telah memiliki jadwal penerbangan regular sejak Maret 2023.

Wagub Cok Ace mengungkapkan, wisata unggulan warga Tiongkok di Bali pada umumnya adalah wisata pantai dan budaya. Minat terhadap budaya Bali salah satunya dikarenakan banyaknya unsur budaya Tiongkok yang ditemukan pada budaya Bali.

Di sisi lain wisatawan Tiongkok juga menikmati wisata alam Bali seperti Ubud dengan destinasi utama antara lain Monkey Forest, Ubud Art Market, dan Puri Saren Ubud.

Walikota Dujiangyan Zhang Yadan mengakui juga sangat terkesan dengan keindahan alam dan budaya Bali. Dia menyampaikan bahwa Bali merupakan salah satu tempat favorit yang selalu ingin dikunjungi oleh masyarakat Chengdu.

Menurutnya Chengdu sangat mirip dengan Bali di mana memiliki pesona daya tarik tersendiri khususnya dalam keindahan alamnya, sehingga membuat wisatawan ingin tinggal berlama-lama. “Ada yang bilang kalau sudah ke Chengdu mereka tidak ingin pulang,” sebutnya menyamakan Chengdu dengan Bali. *cr78

Komentar