nusabali

Italia Menang, Mancini Akan Turunkan Pemain Naturalisasi

  • www.nusabali.com-italia-menang-mancini-akan-turunkan-pemain-naturalisasi

MALTA, NusaBali
Mateo Retegui langsung unjuk gigi meski belum lama debut di timnas Italia.

Roberto Mancini pun membuka kemungkinan lebih sering memakai Oriundi, sebutan pemain yang dinaturalissi.  Ya, Retegui adalah Oriundi yang baru dipanggil ke timnas Italia belum lama ini. Oriundi adalah istilah yang merujuk seseorang yang punya darah Italia, tapi lahir dan dibesarkan di luar negeri.

Retegui (23) adalah pemain kelahiran Argentina yang kini memperkuat klub Tigre. Dia punya darah Italia dari kakeknya. Dia melakukan debut untuk Gli Azzurri dalam laga awan Inggris di Kualifikasi Euro 2024. Dia mencetak satu gol, meski Italia kalah 1-2.

Retegui kembali mencetak gol saat Italia tandang ke markas Malta, Senin (27/3) dinihari WITA. Satu golnya itu membantu Italia menang 2-0 atas Malta, dalam laga Grup C Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 di National Stadium Ta'Qali. Satu gol lagi dicetak Matteo Pessina.

Melihat efektivitas Retegui, Mancini tak menutup kemungkinan memanggil lebih banyak Oriundi atau pemain naturalisasi. Apalagi negara-negara lain juga melakukan hal yang sama.

"Ya, itu mungkin. Lihat negara lain, semua melakukannya. Swiss punya 15 dari 20 pemain Oriundi. Juga Belgia. Prancis, Jerman, dan Inggris, semua memakai Oriundi," ujar Mancini.

Mancini tak memungkiri para Oriundi berkembang dan matang berkat bantuan kompetisi di Italia. Jadi sekarang dia akan mengadaptasi dan melakukan hal yang sama (menaturalisasi) terhadap para pemain itu

Dua gol Glizzuri dalam pertandingan ini masing-masing dicetak oleh Mateo Retegui dan Matteo Pessina di babak pertama. Sementara Malta kesulitan memberikan ancaman dengan hanya mencatatkan dua percobaan on target di sepanjang pertandingan.

Berkat kemenangan ini, Italia naik ke peringkat dua grup C dengantiga poin. Sedangkan Malta di dasar klasemen karena belum meraih poin. *

Komentar