nusabali

Kepala Inspektorat Rangkap Plt Kepala BPKAD Gianyar

  • www.nusabali.com-kepala-inspektorat-rangkap-plt-kepala-bpkad-gianyar

Pejabat yang berminat mengikuti seleksi terbuka dipersilakan mengirimkan lamaran dari tanggal 1-21 Maret 2023.

GIANYAR, NusaBali

Bupati Gianyar Made Mahayastra menunjuk Kepala Inspektorat Kabupaten Gianyar I Gusti Bagus Adi Widhya Utama alias Ngurah Bem sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala BPKAD Gianyar. Penunjukkan ini dilakukan pasca meninggalnya pejabat sebelumnya, Ngakan Ketut Jati Ambarsika. Sekda Gianyar Dewa Gede Alit Mudiarta saat dikonfirmasi membenarkan penunjukkan Plt ini. “Bupati sudah tunjuk Plt. Ngurah Bem,” jelas Dewa Alit, Senin (27/3).

Dewa Alit mengatakan, kosongnya posisi Kepala BPKAD harus segera diisi. Mengingat vitalnya peran OPD pengelolaan keuangan dan aset daerah. Sehingga roda pemerintahan tetap jalan sebagaimana mestinya. Dewa Alit mengatakan, Pemkab Gianyar masih suasana berkabung. “Sesuai mekanisme kami sudah melaporkan dan berkoordinasi kepada bupati,” ujar Dewa Alit. Penunjukkan Plt sepenuhnya menjadi kewenangan bupati.

Kekosongan secepatnya harus diisi. “Kegiatan administrasi harus berjalan tidak boleh tersendat,” tegas Dewa Alit. Setelah menunjuk Plt, aktivitas BPKAD Kabupaten Gianyar bisa berjalan seperti biasa. Plt mengisi kekosongan sampai dilantiknya Kepala BPKAD definitif. “Sampai kapan waktunya saya belum tahu, itu kan tetap berproses,” jelas Dewa Alit.  Ngurah Bem selain sebagai Kepala Inspektorat dan Plt BPKAD, juga dipercaya sebagai Plt Kadis Pariwisata Daerah Gianyar.

Sepeninggal Ngakan Jati, jumlah OPD yang lowong bertambah menjadi 7. Di antaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sebagian besar jabatan itu lowong karena ditinggal pensiun. Hanya Kadis Perhubungan dan Kadis PUPR yang pejabatnya dimutasi menjadi staf ahli dan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu terpilih menjadi Sekda Gianyar.

Dewa Alit menjelaskan, seleksi terbuka sedang berproses. Termasuk seleksi untuk posisi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRID). BRID memiliki fungsi sebagai badan yang melakukan penelitan, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegritas di daerah. Diharapkan dapat membawa dampak positif pada pembangunan di Gianyar.

Dewa Alit menjelaskan, lelang jabatan sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi ASN Pusat dan MenpanRB tertanggal 26 Februari 2023. Bagi pejabat yang berminat mengikuti seleksi dipersilakan mengirimkan lamarannya mulai tanggal 1 Maret hingga 21 Maret 2023 atau 15 hari kerja. “Selanjutnya seleksi administrasi pada tanggal 15 hingga 24 Maret 2023 sekaligus penilaian rekam jejak,” lanjutnya.

Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 24 Maret 2023 dan dilanjutkan dengan uji kompetensi pada 28-29 Maret 2023. Penulisan makalah pada 31 Maret 2023, wawancara dan presentasi pada 6-8 April 2023, yang hasilnya akan diumumkan 8 April 2023. “Pada 10 April 2023 diumumkan tiga nama terbaik di masing-masing jabatan untuk diajukan ke Bupati Gianyar selaku PPK, diserahkan ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi,” beber Mudiarta.

Rencananya, pejabat yang terpilih akan dilantik dan ditetapkan pada 20 April 2023. “Seleksi ini terbuka untuk siapa saja dan seleksi berlangsung transparan, akuntabel, melibatkan akademisi serta tim ahli yang independen,” tegas Mudiarta.

Sebelumnya, Kepala BPKAD Kabupaten Gianyar Ngakan Ketut Jati Ambarsika meninggal mendadak saat olahraga di halaman kantornya, Minggu (26/3). Diagnosa dokter korban meninggal karena henti jantung. Sempat mengeluhkan kesemutan di lengan kiri. Jenazah almarhum masih dititipkan di RSUD Sanjiwani Gianyar. Mengingat saat ini masih ada upacara di Pura Hyang Api Desa Kelusa, Kecamatan Payangan kampung halaman almarhum. *nvi

Komentar