nusabali

50 Orang Ikuti Pelatihan SAR di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-50-orang-ikuti-pelatihan-sar-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka pelatihan teknis dan pertolongan di gedung UPT Bersama Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (27/3).

Pelatihan diikuti 50 peserta. Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) menggelar pelatihan ini untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar mampu memberikan pelayanan jasa SAR terutama di Nusa Penida.

Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, pelatihan berlangsung selama satu minggu mulai tanggal 27 Maret hingga 2 April 2023. Peserta sebanyak 50 orang dari organisasi masyarakat, TNI, Polri, BPBD, dan warga setempat. Pelatihan ini untuk memberikan pelayanan jasa SAR secara profesional dan mandiri, khususnya pencarian dan pertolongan di medan ketinggian dalam penanganan kecalakaan dan musibah di wilayah kerja Basarnas Bali. “Peserta yang berkompeten diberikan sertifikat penghargaan,” ujar Darmada.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Didi Hamzar menjelaskan, Pulau Nusa Penida yang terletak di tenggara Bali memiliki pesona keindahan yang mendunia. Deretan pantai dan tebing-tebing nan eksotis menjadi daya tarik wisatawan. Namun di balik itu semua, dengan banyaknya kunjungan wisatawan tentunya meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan saat berwisata. “Jadi perlu kami latih potensi SAR di Pulau Nusa Penida untuk memiliki kemampuan SAR dan dapat diberdayakan jika terjadi emergency, khsusnya kecelakaan di medan ketinggian,” ujar Hamzar.

Bupati Suwirta mengucapkan terima kasih kepada Basarnas yang telah melaksanakan kegiatan ini. “Ketika kunjungan mulai ramai kami tidak cukup hanya bicara tentang jalan, listrik, dan air minum. Penting juga kenyamanan dan keselamatan wisatawan,” ujar Bupati Suwirta. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini mengimbau para peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik dan tekun. *wan

Komentar