nusabali

Sementara, Tuntaskan 1.257 Sertifikat

Kantor Pertanahan Karangasem Genjot PTSL

  • www.nusabali.com-sementara-tuntaskan-1257-sertifikat

AMLAPURA, NusaBali
Kantor Pertanahan Karangasem kini menggenjot penyelesaian PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

Untuk sementara, 1.257 bidang telah disertifikatkan dengan program PTSL, dari target 6.216 bidang tanah pada tahun 2023. Hal itu terungkap saat rapat evaluasi jajaran Kantor Pertanahan, dipimpin Kepala Kantor Pertanahan Karangasem I Gusti Putu Darma Astika, di ruang rapat kantor, Jalan Sudirman, Amlapura, Senin (27/3). Darma Astika mengatakan, untuk realisasi PTSL tahun 2023, minimal sesuai target. “Jangan sampai mengalami revisi target. Bila perlu capaiannya melebihi target. Sebab, kendala pandemi Covid-19, tidak ada lagi,” jelasnya.

Lanjut alumnus pascasarjana Universitas Mahendradata Denpasar 2014 ini, sebagai acuan capaian PTSL tahun 2022 terealisasi 5.600 bidang, melampaui target 5.250 bidang. Sedangkan tahun 2023, Karangasam dapat dukungan program pasang 1.500 patok, sehingga memudahkan program PTSL. Sebab, batas-batas tanah telah dipasang pemiliknya hingga memudahkan di lapangan. Di samping itu, tidak ada lagi pandemi Covid-19, dan dukungan 75 perbekel dan 3 lurah. Para perbekel dan lurah tersebut turut jadi panitia pelaksana PTSL. Maka, praktis ikut menuntaskan program PTSL dan aktif meyakinkan warganya agar tanah milik warga bersertifikat.

Program PTSL diperkuat tiga tim untuk pelaksanaan di Karangasem. Ketua Tim I Made Adhy Mahendra dengan wilayah kerjanya Kecamatan Kubu, Kecamatan Sidemen, Kecamatan Abang (kecuali Desa Datah dan Desa Ababi). Sedangkan Ketua Tim II AA Putu Ardiana mewilayahi Kecamatan Rendang, Kecamatan Manggis dan Kecamatan Selat, Ketua Tim III Olivia Yuda Devita dengan wilayah Kecamatan Bebandem, Kecamatan Karangasem, Desa Datah dan Desa Ababi di Kecamatan Abang.

“Kami ingin capaian target PTSL tahun 2023, lebih cepat, makanya panitia terus bekerja di lapangan berkoordinasi dengan perbekel dan lurah,” jelas mantan Kepala Bidang Pengukuran Kanwil  Badan Pertanahan Provinsi Maluku 2018-2020.

Oleh karena itu, lanjut pejabat dari Banjar Dalem, Desa Gumrih, Kecamatan Pekutatan, Jembrana ini, pihaknya terus mengevaluasi capaian kinerja panitia, tiap minggu dan bulan. Sementara, PTSL baru tercapai 20,22 persen. Atas dasar data ini, optimis capaian akan lebih cepat dari rencana sebelumnya. “Paling tidak sebelum Desember 2023, PTSL telah kelar,” tambah Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Pertanahan Karangasem I Gede Irwan. *k16

Komentar