nusabali

525 Pelajar Rebut Juara di Porsenijar Bangli

  • www.nusabali.com-525-pelajar-rebut-juara-di-porsenijar-bangli

BANGLI, NusaBali
Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) kembali digelar Pemkab Bangli, setelah beberapa tahun terakhir tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Porsenijar tahun 2023 diikuti 525 siswa/pelajar dengan mempertandingkan 15 cabang olahraga (cabor). Porsenijar tahun ini hanya jadi ’rasa’ Porjar, karena tidak mempertandingkan secara terbuka di bidang seni. Bidang seni hanya melalui seleksi internal di masing-masing pusat pelatihan pembinaan.

Porsenijar dibuka secara resmi di Gedung SKB Kayuambua, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli, Senin (27/3). Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Bangli, I Wayan Suastika menyampaikan Porsenijar tahun ini, bakat dan potensi anak-anak dapat digali dan dikembangkan lebih lanjut, sehingga prestasinya semakin meningkat. Dengan demikian anak-anak tidak hanya mampu berprestasi di tingkat kabupaten saja, namun juga mampu di bersaing prestasi pada jenjang yang lebih tinggi. "Tentu harapan kita Bersama, anak-anak kita mampu bersaing di tingkat lebih tinggi baik provinsi, bahkan sampai ke tingkat nasional," ungkapnya.

Dia meminta seluruh atlet yang ikut serta agar menunjukkan kemampuan, semangat juang maksimal, bersaing secara jujur, dan menjunjung sportivitas. Begitupun bagi para wasit atau pun juri agar memimpin pertandingan sesuai aturan yang telah disepakati, agar pertandingan dapat berjalan tertib dan lancar. "Harapan kami melalui ajang ini, mampu mendapatkan bibit atlet untuk mewakili Kabupaten Bangli dalam Porsenijar tingkat provinsi bulan Juni 2023," sebutnya.

Panitia Porsenijar Bangli Sang Nyoman Ada menyampaikan Porsenijar Bangli untuk menggali bibit-bibit atlet dari usia dini yang potensial untuk dibina dalam program pembinaan prestasi. Selain itu, untuk menyeleksi atlet pelajar sebagai kontingen Kabupaten Bangli dalam keikutsertaan pada Pekan Olahraga dan Seni Pelajar Provinsi Bali tahun 2023 di Denpasar.

Menurut Sangat Nyoman Ada, cabang olahraga yang dipertandingkan 15 cabor. Pesertanya 525 orang dari kalangan siswa tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK dari empat kecamatan. Melalui Porsenijar ini diharapkan agar Bangli meraih peringkat lebih tinggi pada Porsenijar tingkat Provinsi nanti. "Porsenijar Provinsi Bali tahun 2019, Bangli menduduki peringkat enam. Harapan kami, paling tidak setiap tahun bergeser ke peringkat lebih baik," ujarnya. *esa

Komentar