nusabali

Era Baru Bersama Fuente, Spanyol Benamkan Norwegia

  • www.nusabali.com-era-baru-bersama-fuente-spanyol-benamkan-norwegia

MADRID, NusaBali
Timnas Spanyol memulai era baru bersama Luis de la Fuente, dengan hasil mengalahkan Norwegia 3-0, dalam laga pembuka Grup A Kualifikasi Euro 2024 di Estadio La Rosaleda,  Minggu (26/3) dinihari Wita.

Tiga gol Spanyol dicetak Dani Olmo di menit ke-13, dan dua gol lagi diborong penyerang debutan Joselu (84 dan 85). Kemenangan itu membawa Spanyol memimpin Grup A dengan tiga poin. Perolehan poin dan selisih gol Spanyol sama dengan Skotlandia, yang mengalahkan Siprus 3-0. Norwegia dan Sipurs terbenam di urutan kelima.

Permainan Spanyol di bawah asuhan Fuente mendapatkan sanjungan. Pemilihan pemain yang fair membuat racikan strategi laga berjalan baik. Sejak pemanggilan pemain hingga susunan sebelas pertama, Fuente tak bergantung pada pemain dari salah satu klub.

Hasilnya, para pemain yang dipercayanya tampil bersinar.  Alejandro Balde, Nacho, Kepa Arrizabalaga, hingga debutan Joselu sukses membuat para penggemar terpana menyaksikan kiprah mereka .

Sementara tidak ada kata terlalu tua bagi Joselu saat memulai debut di timnas Spanyol pada usia 32 tahun. Kesempatan debut terlambat itu justru membuat publik Spanyol mengelu-elukan namanya, setelah sukses mencetak dua gol. Apalagi dia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-81, dan mencetak gol di menit ke-84 dan ke-85.

Menurut Opta, pencapaian itu membuat Joselu memecahkan tiga rekor. Pertama, Joselu pemain tertua (32 tahun, 363 hari) yang mencetak gol dalam laga debut untuk Spanyol sejak Spetember 2006. Kedua, dia juga yang tercepat mencetak gol setelah masuk sebagai pemain pengganti (147 detik). Ketiga, Joselu pemain pengganti pertama yang mencetak dua gol di laga debut.

Joselu sendiri masih sulit percaya dengan pencapaiannya di laga itu. Dedikasinya yang telah dijalankan bertahun-tahun akhirnya terbayarkan dengan cara yang paling manis.

"Ini penghargaan untuk seluruh kerja saya sepanjang karier. Saat ini yang ada hanya euforia. Saya ingin berterima kasih kepada istri saya, anak-anak saya, dan ibu saya. Mereka selalu mendukung saya, hingga saya di sini," kata Joselu.

Pelatih Luis de la Fuente tak sembarangan saat memasukkan Joselu, usai penampilan bersama Espanyol terbilang istimewa. Dia mencetak total 13 gol dari 27 laga di seluruh kompetisi musim ini. Padahal, Joselu pemain baru usai didatangkan dari Alaves pada awal musim 2022/2023 . *

Susunan Pemain
Spanyol (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Dani Carvajal, Nacho, Aymeric Laporte, Alejandro Balde; Rodri, Mikel Merino (Fabian Ruiz 81'); Dani Olmo, Iago Aspas (Dani Ceballos 58'), Gavi (Mikel Oyarzabal 58'), Alvaro Morata (Joselu 81'). Pelatih: Luis de la Fuente
Norwegia (4-3-3): Orjan Nyland; Marcus Holmgren Pedersen (Julian Ryerson 74'), Stefan Strandberg, Leo Ostigard, Birger Meling (Fredrik Andre Bjorkan 74'); Martin Odegaard, Patrick Berg, Fredrik Aursnes; Sander Berge (Ola Solbakken 74'), Alexander Sorloth (Ola Brynhildsen 87'), Mohamed Elyounoussi (Jorgen Strand Larsen 74'). Pelatih: Stale Solbakken

Komentar