nusabali

Tekan Angka Kriminalitas, Aparat Gabungan Gelar Patroli

  • www.nusabali.com-tekan-angka-kriminalitas-aparat-gabungan-gelar-patroli

MANGUPURA, NusaBali
Wakapolres Badung Kompol Putu Diah Kurniawandari pimpin patroli gabungan dengan melibatkan unsure TNI dan Satpol PP Badung, Sabtu (25/3) malam.

Sasaran patroli di Kecamatan Kuta Utara yang merupakan wilayah rawan kriminalitas. Sebelum turun ke lapangan, puluhan personel gabungan ini terlebih dahulu mengikuti apel di Lapangan Mapolres Badung untuk diberikan arahan.

“Berdasarkan analisa dan evaluasi, kriminalitas paling banyak terjadi di Kecamatan Kuta Utara, itu dasar kami melakukan patroli fokus ke wilayah tersebut. Tidak berarti Polsek lainnya tidak melakukan atensi kamtibmas,” kata Kompol Diah Kurniawandari yang juga mantan Kapolsek Kuta Utara ini saat dikonfirmasi, Minggu (26/3).

Kegiatan patroli yang dilakukan jajarannya bersama stakeholder terkait tujuannya untuk menciptakan situasi kondusif di wilayah hukum Polres Badung. “Kami melakukan patroli sebagai upaya preemtif dan preventif. Kehadiran kami dalam jumlah besar ini diharapkan bisa menekan kriminalitas,” tegas Kompol Diah Kuniawandari.

Jumlah personel yang terlibat dalam patroli, lanjutnya, sebanyak 70 oramg. Sementara setiap harinya juga dilakukan patroli yang sama, tetapi dalam jumlah kecil.

Dikatakan lebih lanjut, upaya pemeliharaan kamtibmas tidak bisa hanya dilakukan aparat keamanan, tetapi memerlukan dukungan masyarakat. “Petugas parkir, pecalang dan Bankamda juga memiliki peran penting,” kata mantan Kasat Lantas Polres Buleleng ini.

Wakapolres berharap masyarakat bisa saling mengingatkan dalam mencegah tindakan kejahatan. “Misalnya, mengingatkan masyarakat supaya jangan sampai kunci motornya nyantol, helm serta barang berharga seperti HP agar diamankan dengan baik,” ujarnya.

Patroli yang digelar tidaksaja menyasar tempat hiburan malam, melainkan juga ke Masjid yang melaksanakan salah tarawih. Wilayah Kuta Utara juga paling banyak terdapat tempat ibadah yaitu 12 lokasi. Tujuannya untuk memastikan umat Muslim melaksanakan ibadahnya dengan aman dan nyaman.

“Mari kita bersama-sama seluruh lapisan masyarakat menjaga kamtibmas tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Badung. Saat ini kita memasuki Bulan Suci Ramadhan, mari bersama-sama menjaga toleransi. Semoga ibadah puasa dan Hari Raya Idul Fitri berjalan aman serta lancar,” kata Kompol Diah Kurniawandari. *pol

Komentar