nusabali

Anggar Targetkan Dua Emas SEA Games

  • www.nusabali.com-anggar-targetkan-dua-emas-sea-games

JAKARTA, NusaBali
Cabang olahraga (cabor) anggar menargetkan dua medali emas SEA Games Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

Demikian diungkapkan manajer tim  Eka Widiastuti, saat Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim mengunjungi Pelatnas Anggar di Pusdiklat Mapim Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta Timur, Jumat (24/3).

"Sebenarnya kami ditargetkan satu medali emas, tetapi kami berusaha meraih dua medali emas dari 12 emas yang diperebutkan di Kamboja nanti. Saya yakin, target itu dapat dipenuhi. Apalagi, mereka yang diberangkatkan atlet terbaik dan punya potensi ke depan," kata Eka dalam rilis NOC Indonesia, Sabtu (25/3).

Eka mengatakan, para atlet angkar butuh pengalaman bertanding internasional lebih banyak agar menjadi yang terbaik. Oleh karena itu, mereka akan menjalani Training Camp (TC) ke Hungaria pada awal April. Tujuannya agar tidak mengulang kejadian di SEA Games 2021 Vietnam, karena di sana anggar menjadi satu-satunya cabor gagal meraih medali.

Dengan dikirim ke Hungaria, mereka diharapkan memperoleh tiket ke Olimpiade 2024 Paris.  "Mereka akan kita ikutkan Grand Prix untuk meraih poin dalam upaya meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Makanya, mereka tetap berada di Hungaria agar tidak tertinggal dalam meraih poin di Grand Prix untuk meraih tiket ke Paris," jelas Eka.

Hal senada dikatakan Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI), Dr. Masyhudi SH. Menurutnya, timnas anggar tidak hanya pemusatan latihan di dalam negeri menjelang SEA Games 2023. Mereka juga menjalani pemusatan latihan di Hungaria sebelum ke Kamboja. Bahkan usai SEA Games 2023, skuad timnas anggar tetap balik lagi ke Hungaria untuk program jangka panjang demi mengembalikan kejayaan.

"Pengiriman Timnas Anggar Indonesia ke Hungaria bukan hanya untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja, tetapi juga Asian Games 2023 Hangzhou dan babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris," ucap Masyhudi.

Tim anggar terdiri dari Ricky Dhisullimah, M Irfandi Nurkamil dan Dita Afriadi di kelas sabre/sable di bagian putra. Lalu di foil/floret putri Leoda Lundy Winona. Sedangkan di epee/degen putra Indra Jaya Kusuma, Joneska Pitera Anggera dan Anggi Wiliansyah.

CdM Kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim atau akrab disapa Lexy mengatakan, seluruh stakeholders fokus memberikan perhatian yang terbaik kepada skuad tim nasional anggar. Tim CdM pun akan memberikan perhatian terbaik di Kamboja pada saat SEA Games 2023. *k22

Komentar