nusabali

Timnas Basket Putri Serap Ilmu Pelatih AS

  • www.nusabali.com-timnas-basket-putri-serap-ilmu-pelatih-as

JAKARTA, NusaBali
Timnas Bola Basket Elit Putri total mempersiapkan diri menatap SEA Games Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

Mereka menyerap ilmu dari pelatih asal Amerika Serikat, Chris Matthews yang didatangkan ke Surabaya, Jawa Timur.  Manager Timnas Bola Basket Elit Putri, Christopher Tanuwidjaja mengatakan, Chris Matthews datang ke Surabaya sejak awal Maret lalu. Dia sengaja diundang untuk menguatkan skill individu para pemain, terutama dalam akurasi shooting.

"Chris Matthews baru bergabung dengan kami setelah SWBL di Singapura. Dia di sini hanya singkat saja, karena jadwal dia yang padat di Amerika mendekati beberapa event besar seperti NCAA Final Four 2023 & NBA Playoffs. Alasan kami datangkan dia sederhana saja, kami ingin menjadi yang terbaik,” kata Christopher, Jumat (24/3).

Menurut Chistopher, Chris Matthews mengajarkan bukan hanya shooting. Melainkan juga ketenangan dalam memilih keputusan kapan untuk menembak, passing, atau drive. Banyak hal detail yang dia berikan kepada para pemain guna membaca situasi dan mengambil keputusan di lapangan dengan lebih tenang, namun tetap siap untuk bermain dengan intensitas yang tinggi.

“Chris Matthews akan kembali ke Amerika pada hari Minggu, 26 Maret 2023. Selama dia di sini, perubahan utama yang kami dapatkan adalah pola pikir para pemain dalam membaca situasi di lapangan,” ucap Chistopher.

Sebelumnya, Timnas Bola Basket Elit Putri juga telah menjalani latihan dengan pelatih dari Amerika Serikat lainnya, Blair O’Donovan.

Blair didatangkan pada November 2022 kemarin untuk menguatkan kondisi fisik para pemain. Fisik yang prima membuat Timnas Elit Putri mampu catatkan sejarah menjadi kampiun SEA Women Basketball League (SWBL) Introduction Series pada Desember 2022.

Bagi Christopher, Chris Matthews dan Blair O’Donovan adalah dua pelatih yang memiliki banyak pengalaman di level yang sangat tinggi. Kedua pelatih tersebut, sudah dipercaya oleh banyak organisasi basket besar di dunia. Mereka juga dipercaya oleh para atlet profesional seperti Anthony Davis, Domantas Sabonis, Jaylen Brown, Candace Parker, dan masih banyak lagi. *k22

Komentar