nusabali

10 Desa Dapat Bantuan Perpustakaan Perpusnas

  • www.nusabali.com-10-desa-dapat-bantuan-perpustakaan-perpusnas

AMLAPURA, NusaBali
10 desa mendapatkan bantuan Perpustakaan dari Perpusnas (Perpustakaan Nasional) sejak tahun 2013.

Hanya saja, buku-buku di Perpustakaan itu belum lengkap. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem I Wayan Putu Laba Erawan memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Jumat (24/3). Bantuan 10 Perpustakaan dari Perpusnas itu, katanya, hanya berupa gedung, rak buku, dan tiga komputer. Sedangkan, buku-buku bacaan belum terisi lengkap sehingga memerlukan bantuan lanjutan.

10 desa yang telah dapat bantuan gedung Perpustakaan, yakni Desa Bukit dan Desa Bugbug di Kecamatan Karangasem, Desa Nyuhtebel, Desa Selumbung di Kecamatan Manggis, Desa Selat di Kecamatan Selat, Desa Sidemen di Kecamatan Sidemen, Desa Tianyar Barat di Kecamatan Kubu, Desa Bebandem di Kecamatan Bebandem, dan Desa Abang di Kecamatan Abang.

"Adanya bantuan perpustakaan setidaknya agar pendidikan khususnya dalam bidang literasi meningkat," harap I Wayan Putu Laba Erawan. Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan I Wayan Sandi mengatakan, sementara baru 10 desa dapat bantuan perpustakaan. "Harapannya pendidikan literasi meningkat agar warga masyarakat di perdesaan menjadi lebih cerdas melalui membaca," jelasnya.

Rencana tahun 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem membangun gedung perpustakaan berbiaya Rp 10 miliar, anggarannya dari pusat. "Kami telah ajukan untuk biaya membangun gedung agar lebih representatif ," katanya.

Sebab, jelas Sandi, gedung yang ada selama ini kurang layak, mulai dari tempat penyimpanan buku belum tergolong aman, begitu juga tempat menyimpan komputer, dan tempat pelayanan yang memadai. Padahal banyak manfaat adanya perpustakaan, terutama untuk generasi muda, di antaranya: untuk meningkatkan kecerdasan, sebagai sumber ilmu pengetahuan, membantu menambah kosa kata dalam berbahasa, menambah kreativitas, sebagai referensi mana kala mengerjakan tugas dan lain-lain.

Perbekel Bukit, Kecamatan Karangasem, I Gusti Ngurah Widnyana mengatakan, bantuan perpustakaan yang dia terima, keberadaan buku yang ada belum lengkap. "Walau perpustakaan Desa Bukit, berdampingan dengan SDN 1 Bukit, tetapi tidak banyak siswa berkunjung ke perpustakaan. Bisa jadi karena buku yang tersedia belum lengkap," jelas I Gusti Ngurah Widnyana. Perbekel Abang I Nyoman Sutirtayana juga mengatakan, tidak banyak pengunjung yang datang sejak ada perpustakaan desa.*k16

Komentar