nusabali

Harga Cabe Rawit Merah 'Menggila'

  • www.nusabali.com-harga-cabe-rawit-merah-menggila

JAKARTA, NusaBali
Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) mengatakan, terjadi kenaikan harga cabai di awal bulan Ramadhan 2023 ini.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) Sudaryono menyatakan, harga cabai rawit merah telah menyentuh Rp 90.000-100.000 per kg. Sementara, cabai merah besar mencapai harga Rp 70.000-80.000 per kg.

"Memang wajar terjadi kenaikan harga, bahwa kulakan pedagang juga naik," ujar dia seperti dilansir Kompas.com, Kamis (23/3).

Ia menekankan, momen Ramadhan tentu meningkatkan permintaan terhadap beberapa komoditi, termasuk cabai. Sudaryono memprediksi, kenaikan harga ini masih akan bertahan selama Ramadhan.

"Perkiraan nanti akan turun setelah Hari Raya Idul Fitri," imbuh dia berharap, pemerintah dapat memastikan suplai cabai yang cukup untuk permintaan pasar.

Salah satu caranya dengan mendorong peran aktif pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ikut menyediakan pasokan komoditi penting masyarakat.

Sehingga pemerintah memiliki kendali akan ketersediaan beberapa barang komoditi penting itu," tandas dia. Selain cabai, di awal Ramadhan 2023 ini terjadi juga kenaikan harga pada telur yang mencapai Rp 32.000 per kg. Tak hanya itu, harga daging sapi juga terpantau naik mencapai Rp 130.000 per kg.

Sementara harga cabai keriting mencapai Rp 45.000 per kg, bawang merah Rp 95.000 per kg, bawang putih Rp 40.000 per kg.

“Penyebab kenaikan untuk cabai rawit itu gagal panen, cabai cepat busuk, bawang juga sama, karena ada juga cuaca buruk,” ungkap Suwandi pedagang bahan pokok di Pasar Mampang Jakarta Selatan dikutip dari beritasatu.com.

Suwandi mengatakan bahwa stok cabai merah keriting dan cabai rawit merah masih normal. Namun Suwandi mengeluhkan bahwa kenaikan harga dari bahan pangan tersebut berpotensi pada menurunnya permintaan.*

Komentar