nusabali

Voli Bali Masuk Zona Jawa

PBVSI Batal Ajukan Tuan Rumah Pra PON

  • www.nusabali.com-voli-bali-masuk-zona-jawa

Meskipun dimasukkan ke wilayah Jawa, sebenarnya Bali tetap masih punya peluang meraih tiket PON. Kekatan voli Bali sebenarnya masih di atas Banten dan imbang dengan DIY.

DENPASAR, NusaBali
Bali masuk nona Jawa dalam ajang Pra PON Voli Indoor di Jakarta, pada September 2023. Demikian salah satu hasil Rakernas PP PBVSI di Yogyakarta, 19 -21 Maret ini.

Dengan hasil itu, Bali batal mengajukan diri sebagai tuan rumah Pra PON.  Sebab awalnya Bali dalam Pra PON sempat masuk Wilayah Indonesia Timur bersama NTB, NTT, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Menurut Binpres PBVSI Bali, Nyoman Gendara pada Kamis (23/3), kepastian masuk zona wilayah timur atau Jawa bersifat final. Hal ini, kata Gendara, sama dengan Pra PON sebelumnya, yang juga masuk Zona Jawa.

Menurutnya, dari semua wilayah ada kuota 12 tim voli indoor. Nah, untuk tuan rumah Aceh dan Sumut sama - sama mendapatkan slot satu tim, sehingga masih tersisa 10 tim yang diperebutkan dalam Pra PON.

Dalam pembagian slot 10 tim, zona Sumatera dijatah satu tim, zona Kalimantan dan Sulawesi masing-masing dua tim, laluzona wilayah dan Papua mendapatkan jatah satu tim.

Jadi masih tersisa enam tim yang diperebutkan wilayah Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DI Yogyakarta, Bali, NTB dan NTT.  Khusus wilayah Jawa terdiri dari sembilan provinsi dan Bali diakui masih memiliki peluang lolos PON XXI/2024.

"Meskipun kami dimasukkan ke wilayah Jawa, sebenarnya kita masih punya peluang meraih tiket PON," tegas Gendara. Gendara mengatakan, kekatan voli Bali sebenarnya masih diatas Banten. Sedangkan dengan DI Yogyakarta akan saling mengalahkan. Lalu NTB dan NTT, PBVSI Bali yakin mampu mengatasinya.

"Dulu kegagalan Bali kan hanya dapat kuota empat tim saja di wilayah Jawa, karena saat itu kuota tim yang tampil di Papua dibatasi delapan provinsi , sedangkan sekarang ada 12 tim tampil di PON nanti," kata Gendara, yang juga pelatih bola voli putri Badung, .

Disebutkan Gendara, pada Pra PON sebelumnya Bali bercokol di peringkat lima dalam klasemen akhir, sehingga gagal meraih tiket PON. Gendara berharap nanti Bali meraih tiket PON lebih dulu. Sebab masih ada waktu berbenah menuju pesta olahraga multi event empat tahunan antar provinsi.

Sementara itu, Bali batal mengajukan diri menjadi tuan rumah Pra PON. Alasannya, sistem pembagian zona wilayah berubah. Padahal upaya lobi sudah dilakukan jika tetap bertahan di zona wilayah Indonesia Timur. Ddaerah lainnya banyak yang setuju karena menghindar Pra PON di Papua.

Menurut Gendara, fakta lain akhirnya terjadi Bali diputuskan masuk zona Jawa. Menurutnya, memang siap dengan situasi yang ada. Dari enam tim kuat di Jawa itu salah satunya dapat kita kalahkan di Pra PON, selain harus mengatasi tim bola voli NTT, dan NTB.*dek

Komentar