nusabali

Mbappe Pimpin Timnas Les Bleus

Big Match Prancis vs Belanda, Sabtu Dinihari

  • www.nusabali.com-mbappe-pimpin-timnas-les-bleus

Keputusan itu ide sangat bagus. Dengan memberinya tanggung jawab sebagai kapten tim, memungkinkan Mbappe melangkah lebih jauh, lebih tinggi, lebih kuat.

PARIS, NusaBali

Kylian Mbappe akan memimpin dan jadi kapten tim nasional Prancis saat menghadapi Belanda, dalam laga perdana kualifikasi Euro 2024  di Stade de France, Sabtu (25/3) dinihari WITA. Pertandingan tersebut merupakan laga pertama Les Bleus sejak kekalahan dalam final Piala Dunia 2022 di Doha.

Ya, Mbappe mengambil alih peran kiper Hugo Lloris yang mundur menyusul kekalahan dari Argentina di final Piala Dunia akhir tahun lalu.

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) tersebut disebut menerima peran sebagai kapten Timnas Prancis setelah berdiskusi dengan pelatih Didier Deschamps.

Lloris, yang juga kiper Tottenham Hotspur mengakhiri karier internasionalnya pada Januari lalu, atau beberapa pekan setelah Argentina mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2022. Lloris menjadi kapten tim selama lebih dari satu dekade.

Sedangkan penyerang Atletico Madrid Antoine Griezmann didaulat jadi wakil kapten. Sebelumnya, kandidat kapten Timnas Prancis jatuh pada bek tengah Manchester United Raphael Varane yang terbilang pemain senior dengan banyak trofi dalam kariernya. Namun Rapha, panggilan akrabnya, juga memutuskan gantung sepatu di level timnas.

Mbappe yang mencetak hattrick pada final Piala Dunia 2022, sering dikaitkan dengan peran barunya sebagai kapten timnas sejak beberapa pekan lalu.

Michel Platini, mantan kapten Timnas Prancis yang mengangkat piala pada Kejuaraan Eropa 1984 (sekarang Piala Eropa atau Euro), mengatakan keputusan itu ide yang sangat bagus.

Dengan memberinya tanggung jawab sebagai kapten tim, kata Paltini, memungkinkan Mbappe melangkah lebih jauh, lebih tinggi, lebih kuat.

Sebab Mbappe pernah membantu Les Bleus meraih Piala Dunia 2018 saat masih berusia 19 tahun. Dia juga berjasa membawa Prancis melaju ke final Piala Dunia 2022, dan mencetak hattrick untuk menyamakan kedudukan 3-3 melawan Argentina di final yang kemudian ditentukan lewat adu penalti.

Mbappe sendiri mencetak 19 gol dalam 24 pertandingan Liga 1 Prancis musim ini. Dia juga mencetak tujuh gol bagi perjalanan PSG ke 16 besar Liga Champions, meski disingkirkan Bayern Muenchen.

Sementara itu, laga  Prancis menjamu Belanda menjadi matchday pertama Grup B Kualifikasi Euro 2024. Laga digelar di Stade de France, Paris, Sabtu (25/3) dinihari, pukul 03:45 WITA.

Baik Prancis dan Belanda sama-sama dikalahkan Argentina melalui adu penalti di Piala Dunia 2022. Belanda tumbang di perempat final, dan Prancis kalah di final.

Prancis dan Belanda di Grup B bersama Republik Irlandia, Yunani, serta Gibraltar. Di atas kertas, Prancis dan Belanda menjadi favorit terkuat lolos ke Jerman 2024. Duel pada matchday pertama pun diprediksi berlangsung cukup ketat. *

Komentar