nusabali

Tabanan Absen Delapan Materi PKB 2023

  • www.nusabali.com-tabanan-absen-delapan-materi-pkb-2023

TABANAN, NusaBali
Dinas Kebudayaan Tabanan mulai mematangkan penampilan duta seni di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV atau ke-45.

Saat ini seluruh tim terlibat sedang fokus berlatih untuk pentas Juni 2023 mendatang. Namun dari 19 materi yang ditampilkan Provinsi Bali, Kabupaten Tabanan tak mengikuti 8 materi.

Delapan materi yang tak diikuti itu diantaranya Parade Wayang Kulit, Parade Joged Bumbung Tradisi, Parade Janger Klasik, Lomba Tari Barong Ket, Lomba Mesatua Bali, Lomba Ngawi Geguritan, Lomba Seni Lukis Wayan Klasik Bali, dan Lomba Drama Gong.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Tabanan Ni Luh Nyoman Sri Suryati mengatakan materi yang tak ditampilkan pada PKB 2023 ini karena terkait dengan anggaran. "Selain itu khusus Drama Gong sulit untuk mencari peserta lantaran harus membentuk dan mengulang dari awal," akunya, Kamis (23/3).

Namun delapan materi yang tak diikuti tahun 2023, akan diprioritaskan untuk ikut dalam PKB tahun 2024. Untuk persiapan tersebut tengah dicari seniman dan peserta yang siap mental. "Untuk tahun 2023 kita ikuti dulu penampilan yang bergengsi seperti artinya yang bisa menaikkan citra kabupaten seperti Gong Kebyar," jelasnya.

Sementara terkait dengan persiapan tim untuk mengikuti PKB tahun 2023 diakui Suryati sudah diangka 50 persen. Dinas Kebudayaan sekarang tengah rutin mantau latihan. Apalagi dalam PKB sekarang akan adanya kolaborasi gong kebyar 3 tingkatan baik untuk gong kebyar anak-anak, dewasa, dan gong kebyar wanita. "Kolaborasi ini yang membedakan PKB tahun sekarang sama tahun lalu. Kalau tahun lalu kita kolaborasi dengan kabupaten lain, sekarang kolaborasi antar sekaa di masing-masing kabupaten," sebutnya.

Seperti berita sebelumnya Kabupaten Tabanan bersiap mengikuti Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2023. Ada sejumlah kesenian yang akan ditampilkan. Dua diantaranya kesenian Sekaa Gong Legendaris Desa Tunjuk Kecamatan Tabanan dan Sekaa Andir Desa Tista Kecamatan Kerambitan.

Bahkan pada ajang PKB tahun ini anggaran yang dikucur pun meningkat senilai Rp 1,2 miliar. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun 2022 hanya Rp 950 juta karena masih terimbas pandemi Covid-19. *des

Komentar