nusabali

Mengunjungi Pantai Lebih, Berwisata Sambil Kulineran

  • www.nusabali.com-mengunjungi-pantai-lebih-berwisata-sambil-kulineran

GIANYAR, NusaBali.com –Berwisata di Kabupaten Gianyar akan menemukan beberapa pantai, salah satunya adalah Pantai Lebih yang berlokasi di Desa Lebih. Istimewanya, tersedia area kuliner di areal menuju pantai ini.

Berbeda dengan pantai di Bali Selatan, pantai di Desa Lebih ini berpasir hitam.  Hempasan ombak juga terlihat lebih kencang.

Untuk keamanan dan menjaga serangan abrasi, di tepi pantai dibangun tanggul dari batu-batu gunung yang disusun dengan rapi sehingga pantai ini terlihat lebih cantik dan indah. Semetara di atas tanggul batu itu tersedia jalan dengan paving blok untuk pejalan kaki serta bisa dilewati sepeda motor yang bisa tembus di bagian depan akomodasi pariwisata Rumah Luwih. 

Selain menyuguhkan objek wisata,  Pantai Lebih juga terdapat tempat kuliner dari hasil tangkapan nelayan. Yang paling sering didapat yaitu ikan tuna, tenggiri, dan marlin. Dari semua jenis ikan itu diolah dengan bumbu-bumbu pilihan sehingga menghasilkan makanan yang enak dan lezat.

Maka dari itu banyak sekali warung makanan penjual makanan khas ikan laut yang bisa ditemukan dengan sangat mudah, apalagi olahan ikan tersebut disajikan dengan berbagai menu makanan. Seperti dalam bentuk sate lilit, sate tusuk, pepes, bakso dan masih banyak lagi. 

Pantai Lebih yang tidak hanya untuk menikmati deburan ombak saja akan tetapi di pantai ini banyak sekali pemancing yang berdatangan untuk memancing dan hanya sekadar menjalankan hobi mancingnya. Banyak juga terdapat barisan perahu-perahu nelayan yang membuat pantai ini lebih indah. 

Objek wisata pantai lebih ini sering digunakan dengan tujuan Melasti oleh umat Hindu yang ada di Bali. Kini pengunjung di objek wisata Pantai Lebih selalu ramai di kala sore hari, meskipun hanya menikmati deburan ombak sambil membeli tahu gunting yang tidak pernah ketinggalan di kala berkunjung ke pantai. 

“Di Pantai Lebih bisa sambil berolahraga dan menikmati sunset karena letaknya yang strategis dan lokasi yang sudah tertata membuat pengunjung tertarik untuk dating ke sini,” ujar Made Yasa, salah satu pengunjung pada Rabu (15/3/2023). 

Untuk menuju pantai ini tidak dikenakan tiket masuk. Bagi pengunjung disediakan tempat parkir yang luas dengan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 2.000, dan  mobil Rp 5.000. Jadi cukup hemat untuk berlibur ke Pantai Lebih sambil menikmati sajian khas kuliner. *m02

Berita ini merupakan hasil liputan Dewi Purnama, mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di NusaBali.com

Komentar