nusabali

Parade Ogoh-Ogoh di Kuta, Wisatawan Dijadikan Juri

  • www.nusabali.com-parade-ogoh-ogoh-di-kuta-wisatawan-dijadikan-juri

MANGUPURA, NusaBali.com - Ribuan wisatawan domestik dan mancanegara yang berbaur dengan warga tantusias menyaksikan parade ogoh-ogoh yang diselenggarakan di kawasan Desa Adat Kuta, Kabupaten Badung, Selasa (21/3/2023).

Sejak Selasa petang, para wisatawan sudah memadati area Pura Desa Adat Kuta untuk menyaksikan ogoh-ogoh yang akan diarak para pemuda dilaksanakan saat malam pangerupukan atau malam sebelum Hari Raya Nyepi.

"Dalam penilaian lomba ogoh-ogoh ini, kami juga melibatkan para wisatawan untuk menjadi juri," ujar Bandesa Kuta, I Wayan Wasista.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan parade ogoh-ogoh pihaknya mengundang wisatawan dari masing-masing hotel diberikan kesempatan bagi lima orang wisatawan untuk menilai ogoh-ogoh yang dibuat para pemuda di kawasan Kuta itu.

"Tamu hotel ini menilai mana ogoh-ogoh yang terbaik versi mereka. Jadi tidak ada intervensi dari siapapun, silakan mereka memilih apa yang mereka suka jadi ini semacam polling nanti dimasukkan ke kertas," kata dia.

Wayan Wasista menjelaskan dalam menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 itu parade Ogoh-ogoh diikuti sebanyak 13 ogoh-ogoh yang sesuai dengan jumlah banjar yang ada di Desa Adat Kuta.

Selain 13 Ogoh-ogoh itu juga ada sejumlah ogoh-ogoh lain berukuran kecil yang diarak oleh para anak dari sejumlah wilayah banjar di Kuta.

Dalam parade itu, selain menampilkan ogoh-ogoh peserta juga menampilkan tarian serta gamelan tradisional Baleganjur untuk mengiringi atraksi dari ogoh-ogoh utama dari masing-masing banjar.

"Kami berharap kegiatan ini juga dapat mempromosikan pariwisata di kawasan Kuta ini," tambah Wayan Wasista.

Bryan, seorang wisatawan asal Australia mengungkapkan bahwa dirinya sangat kagum dengan pertunjukan ogoh-ogoh yang baru pertama ia saksikan tersebut.

"Ini sangat luar biasa, mereka sangat semangat tampil dalam parade ini. Semua orang juga terlihat senang melihatnya," ungkap dia.*ant

Komentar