nusabali

Bali Safari and Marine Park Gelar Parade Ogoh-Ogoh dan Baleganjur

  • www.nusabali.com-bali-safari-and-marine-park-gelar-parade-ogoh-ogoh-dan-baleganjur
  • www.nusabali.com-bali-safari-and-marine-park-gelar-parade-ogoh-ogoh-dan-baleganjur

GIANYAR, NusaBali.com – Ikut serta memeriahkan hari Raya Nyepi, Bali Safari and Marine Park ajak wisatawan mengenali tradisi Bali lewat gelaran Parade Ogoh-Ogoh dan Baleganjur pada Selasa (21/3/2023) siang.

Bertempat di Bale Banjar Safari, ogoh-ogoh Buta Kala berwujud kera tersebut diarak sekitar pukul 13.00 Wita dari area Ganesha Court menuju Kampung Bali, Panggung Hanuman, area Banyan, hingga area Bali Market. Diiringi oleh suara gamelan Baleganjur khas Bali serta iringan parade gajah dan tarian Bali, pawai ogoh-ogoh berlangsung dengan meriah dan penuh makna.

Marcom Executive, Anak Agung Istri Bintang Anggaraeni menjelaskan tujuan dilaksanakannya pawai ogoh-ogoh di Bali Safari Park yaitu untuk mempertahankan tradisi dan budaya lokal agar tidak punah dan semakin dikenal oleh masyarakat luar Bali.

Selain itu, agar selalu tercipta kedamaian dan ketentraman antar umat manusia, satwa, serta alam liar baik secara sekala maupun niskala.

“Karena Bali Safari merupakan salah satu dari Taman Safari Indonesia Group yang lokasinya di Bali, jadi kami menghormati budaya dan tradisi yang ada di Bali. Sehingga kami ikut merayakan Hari Raya Nyepi dengan memeriahkan parade ogoh-ogoh,” ujar Bintang saat ditemui di lokasi pada Selasa (21/3/2023) siang.

Ogoh-ogoh tersebut, dikatakan Bintang merupakan ogoh-ogoh buatan dari para karyawan Bali Safari yang dibuat sejak satu bulan yang lalu. Para karyawan pun terlihat semangat mengarak ogoh-ogoh berkeliling lokasi. Tak hanya itu, para karyawan perempuan bertugas membawa obor membuat suasana lebih sarat akan makna Hari Raya Nyepi.

Parade Ogoh-ogoh dan Baleganjur selanjutnya berhenti di area Bali Market dan dilanjutkan dengan Balinese Traditional Activitie selama satu jam. Para pengunjung khususnya yang menikmati waktu makan siang di Uma Restaurant disajikan dengan aktivitas tradisi Bali seperti pembuatan canang, tarian bali serta gambelan-gambelan khas Bali.

Selain aktivitas tradisional khas Bali, di area Bali Market pengunjung juga dapat mengikuti aktivitas tambahan yaitu Elephan Ride.

Foto: Marcom Executive, Anak Agung Istri Bintang Anggaraeni. -RIKHA SETYA

Berlangsung meriah, tak segan para pengunjung turut mengeluarkan handphonenya untuk mendokumentasikan setiap momen yang ada. Tak ayal kata Bintang, respons para pengunjung sangat positif. Sebab selain mendapatkan edukasi soal satwa, pengunjung juga dapat mengetahui budaya Bali. Ia juga turut menerangkan, tingkat kunjungan di Bali Safari tahun ini sudah kembali pulih.

“Ada peningkatan apa lagi high season sekitar 100 sampai 200 persen dan pengunjung sangat antusias dalam gelaran hari ini, mereka juga ikut parade dari awal sampai akhir,” terangnya.

Hari Raya Nyepi yang jatuh tepat pada Rabu (22/3/2023) besok, dikatakan Bintang pihaknya akan tidak beroperasi selama 24 jam penuh dan akan dibuka kembali pada Kamis (23/3/2023) mendatang.

“Walaupun tutup, namun aktivitas di sini akan tetap beroperasi khusus untuk para tamu hotel Mara River Safari Lodge. Satwa-satwa yang berada di sini juga tetap dirawat dan diberi makanan selama Nyepi berlangsung,” pungkasnya. *ris




Komentar