nusabali

Klub Diharapkan Kooperatif, saat Pemain Dipanggil Timnas

  • www.nusabali.com-klub-diharapkan-kooperatif-saat-pemain-dipanggil-timnas

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Tim Nasional Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengharapkan kerja sama klub mengizinkan sejumlah pemainnya yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC).

Menurut Shin pemanggilan itu  sebagai persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 di Indonesia. Shin juga menyayangkan masih ada beberapa klub yang tidak kooperatif dan menahan pemainnya bergabung dalam latihan perdana tim senior dan U-20 di Lapangan PTIK Jakarta, Senin (20/3). Piala Dunia U-20 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

“Mari kita tunjukkan harapan kita pada fans sepak bola Indonesia. Untuk itu kita harus menjadi satu hati. Ada pemanggilan pemain dari klub, tapi ada yang belum bisa dipanggil. Seharusnya ada pengorbanan dari klub agar persiapannya (timnas) matang dari sekarang dan semoga semuanya satu hati untuk Garuda,” kata Shin, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu berharap agar kejadian TC menjelang Piala Asia U-20 tidak kembali terulang, yaitu tidak bergabungnya sejumlah pemain yang masuk dalam daftar timnas. Shin pun meminta Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri agar dapat melakukan koordinasi yang lebih baik dengan klub-klub Liga 1.

“Diperlukan persiapan yang lebih matang untuk mendapatkan hasil bagus. Maka dari itu, saya minta tolong kepada klub untuk melepas pemain U-20 mereka agar tidak tercipta situasi sulit seperti yang terjadi di Uzbekistan,” kata Shin.

Menanggapi hal tersebut, Indra mengatakan sependapat dengan Shin, mengingat skuad Garuda Muda dinilai memiliki potensi dan progres yang menunjukkan tren positif.

“Kami dihadapkan pada dinamika kepentingan klub dan timnas. Soal pembinaan pemain yang (dilakukan) di klub, saya pikir ini situasi khusus,” kata Indra Sjafri. *ant

Komentar