nusabali

Pemkab Karangasem Mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi dan Ibadah Puasa

  • www.nusabali.com-pemkab-karangasem-mengucapkan-selamat-hari-raya-nyepi-dan-ibadah-puasa

AMLAPURA, NusaBali
Jajaran Pemkab Karangasem melalui Bupati I Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, mengucapkan selamat merayakan Nyepi Tahun Baru Saka 1945, puncaknya pada Buda Pahing Uye, Rabu (22/3).

Dalam waktu bersamaan dimulai pelaksanaan ibadah puasa bagi umat muslim. Bupati I Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (20/3). Sebelum perayaan Nyepi, kata Bupati I Gede Dana, umat Hindu di Karangasem melaksanakan melasti ke pantai, mata air  atau ke danau. Upacara ini untuk penyucian pralingga dan pratima, sebelum upacara Tilem Kasanga dalam menyeimbangkan buana alit dan buana agung.

Perayaan Nyepi tahun ini bertepatan dengan mengawali bulan Ramadhan atau ibadah puasa. Bupati I Gede Dana mengimbau kepada masyarakat Karangasem, untuk saling menghargai dan menghormati dan menjaga toleransi dalam menjalankan upacara keagamaan masing-masing.

"Hari Raya Nyepi, hari suci penuh makna, Catur Brata Penyepian bagian dari pengendalian diri sehingga krama harus mampu memberikan kenyamanan ketenangan kepada diri sendiri dan kepada orang lain,” ucap Bupati Gede Dana.

Mengingat Hari Raya Nyepi bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadhan di mana umat islam di Karangasem juga melaksanakan ibadan Shalat Tarawih dan mengawali puasa, bupati juga menekankan untuk saling menghargai dan menghormati dan saling menjaga sehingga masyarakat sama-sama mendapat kenyamanan dan ketenangan dalam menjalankan upacara keagamaan masing-masing.

Atas nama Pemkab Karangasem, Bupati Karangasem I Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 bagi umat Hindu. Semoga perayaan Nyepi tahun ini bisa membawa anugerah kekuatan serta kesehatan lahir batin dalam upaya memulihkan kehidupan pasca pandemi Covid-19.

"Selama dua tahun kita terkurung pandemi, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Karangasem juga mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Pusat, karena telah memberikan ruang dan waktu untuk memulihkan kondisi kami utamanya dalam membangkitkan pariwisata, syukur-syukur kami masih diberikan sehat," sambungnya.*k16

Komentar