nusabali

Diskominfo Matikan Jaringan WiFi Gratis 24 Jam

  • www.nusabali.com-diskominfo-matikan-jaringan-wifi-gratis-24-jam

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung akan menyesuaikan dengan kebijakan Pemprov Bali dalam menonaktifkan layanan data seluler dan IPTV (Internet Protocol Television) pada saat Hari Raya Nyepi.

Termasuk jaringan WiFi gratis yang disiapkan oleh pemerintah juga akan dimatikan selama 24 jam. “Kami mengikuti kebijakan dari pemerintah, baik di pusat maupun provinsi Bali. Jadwal pemadaman internet juga mengikuti kebijakan pemerintah,” ujar Kepala Diskominfo Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, Senin (20/3).

Penonaktifan layanan data seluler dan IPTV ini akan dimulai pada Rabu (22/3) pukul 06.00 Wita hingga Kamis (23/3) pukul 06.00 Wita. Penonaktifan ini seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana untuk mendukung kondusivitas pelaksanaan Hari Raya Nyepi. Namun demikian, untuk layanan telepon, SMS, dan fiber optik masih bisa digunakan oleh masyarakat.

Selain itu Mantan Camat Mengwi ini menegaskan, pada pusat pelayanan publik seperti rumah sakit, puskesmas dan pelayanan pada objek vital lainnya akan tetap dinyalakan. Hal ini untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang bersifat darurat. “Jadi untuk jaringan internet di rumah sakit dan puskesmas itu tetap dinyalakan. Karena ini sifatnya vital,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, kebijakan menonaktifkan layanan data seluler dan IPTV sesuai Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia No. 4 Tahun 2023 tentang Himbauan untuk Melaksanakan Seruan Pemerintah Provinsi Bali Tahun 2023 tanggal 16 Maret 2023, serta Seruan Bersama Majelis-Majelis Agama dan Lembaga Sosial Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Raya Suci Nyepi Tahun Saka 1945 tanggal 13 Maret 2023.

Kepala Diskominfos Provinsi Bali Gede Pramana, belum lama ini mengatakan penonaktifan layanan data seluler dan IPTV akan dimulai pada Rabu (22/3) pukul 06.00 Wita hingga Kamis (23/3) pukul 06.00 Wita. Seluruh layanan data seluler di HP akan dimatikan. Namun layanan pada objek vital seperti rumah sakit, kantor kepolisian, militer, BMKG, BPBD, Basarnas, bandara, pemadam kebakaran, serta objek vital lainnya akan tetap beroperasi. Sementara itu terkait layanan telepon, SMS, dan fiber optik tetap dapat digunakan selama Hari Raya Nyepi guna memudahkan masyarakat jika pada saat Hari Raya Nyepi memerlukan layanan khususnya yang bersifat emergency. *ind

Komentar