nusabali

Nyepi 2024, Tabanan Gelar Festival Kasanga

  • www.nusabali.com-nyepi-2024-tabanan-gelar-festival-kasanga

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mencanangkan akan menggelar event Festival Kasanga menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 atau 2024 mendatang.

Festival Kesanga dibuat dengan melombakan ogoh-ogoh sekaa teruna se-Kabupaten Tabanan. Rancangan perdana yang dibuat ini sedang dikonsep secara matang sebab hadiah yang disiapkan cukup fantastis. Konsep Festival Kasanga dibuat untuk memberikan ruang bagi pemuda di Tabanan berkreasi menampilkan hasil terbaik. Nantinya setiap kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di Tabanan akan ada dua buah ogoh-ogoh terbaik dilombakan setelah sebelumnya dilakukan penilaian di masing-masing kecamatan.

Bahkan ogoh-ogoh terbaik itu bakal dipajang di areal Taman Kota Tabanan lengkap dengan tenda selama satu minggu. "Kurang lebih seminggu akan dipajang di Taman Kota," ujar Bupati Sanjaya, Senin (20/3).

Menurutnya Festival Kasanga dibuat untuk memberikan ruang generasi muda berkreativitas. Selain itu juga sebagai upaya merangkum aspirasi pemuda di Tabanan. "Sekarang (tahun ini) yang lomba ogoh-ogoh hanya sejumlah Desa Adat saja, dan itu banyak yang pro dan kontra, sehingga tahun depan akan kami lombakan seluruh Tabanan," katanya.

Sebagai persiapan awal, jelas Bupati Sanjaya rencana itu sudah dimatangkan secara cermat. Mengingat Hari Raya Nyepi di tahun 2024 berdekatan dengan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari. "Tapi itu kita sudah atur, Nyepi tahun depan tanggal 11 Maret, sedangkan kita mulai perlombaan ogoh-ogoh tanggal 1 Maret 2024," paparnya.

Dengan digelarnya Festival Kasanga ini, Bupati Tabanan meminta seluruh pemuda-pemudi di Tabanan bersiap diri. Sebab anggaran untuk hadiah sudah disiapkan dalam jumlah besar. Selain itu konsep Festival Kasanga dibuat akan dirangkaikan dengan pameran UMKM di areal Taman Kota Tabanan. "Biar yang nonton ini bisa berbelanja sehingga perekonomian masyarakat berjalan. Artinya kita konsep sangat baiklah. Apalagi kami rencanakan untuk mendisplay ogoh-ogoh terbaik selama seminggu," tandas Bupati Sanjaya.

Sementara itu untuk persiapan Nyepi Tahun Caka 1945 ini, seluruh persiapan mulai dari pengamanan hingga prosesi Taur Kesanga (upacara pecaruan) sudah 100 persen. Dari segi pengamanan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI untuk mengamankan jalannya rangkian Nyepi terutama saat pawai ogoh-ogoh. Karena dari 817 desa adat di Tabanan ada 812 ogoh-ogoh yang siap diarak.

Sementara untuk proses Tawur Kasanga, terang Bupati Sanjaya, akan dilaksanakan di Catus Pata depan Taman Kota Tabanan. "Rangkaian prosesi Tawur Kasanga sudah siap, besok (hari ini) proses Tawur Kasanga dimulai pukul 11.00 Wita usai rangkian persembahyangan di Pura Batukau (Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel)," ungkap Bupati Sanjaya. *des

Komentar