nusabali

Saat Nyepi, Seluruh LPJ di Gianyar Padam

  • www.nusabali.com-saat-nyepi-seluruh-lpj-di-gianyar-padam

GIANYAR, NusaBali
Seluruh lampu penerangan jalan (LPJ) di Kabupaten Gianyar saat Hari Raya Nyepi dipadamkan.

Plt Kadis Perhubungan Gianyar I Wayan Suamba mengatakan, terdapat 21.416 titik LPJ dari 629 kilometer/Kwh di seluruh Gianyar. Rinciannya, LPJ kecamatan sebanyak 14.775 titik, lampu penerangan kota 1.592 titik, lampu swadaya masyarakat 1.415 titik, dan sisanya LPJ yang tersebar di tiap desa dan tempat umum lainnya.

Wayan Suamba mengatakan, pemadaman LPJ agar pelaksanaan Nyepi berjalan khusyuk. “Kalau masih ada lampu yang menyala, nanti justru masyarakat duduk-duduk di pinggir jalan, sedangkan warga lain khusyuk melaksanakan Tapa Brata Penyepian,” ujar Wayan Suamba, Senin (20/3). Pemadaman mulai Selasa (21/3) pukul 12.00 Wita. Rabu (22/3) seluruh LPJ padam total. Menghidupkan kembali, selain oleh petugas juga diharapkan dibantu aparat desa setempat.

Wayan Suamba menjelaskan, petugas Dishub tidak bisa memadamkan keseluruhan LPJ. Sehingga Dishub Gianyar meminta perbekel dan lurah ikut memadamkan LPJ yang belum padam atau tercecer oleh petugas Dishub. “Petugas Dishub terbatas, sedangkan LPJ yang harus dipadamkan keseluruhan. Begitu juga dengan saat menghidupkan kembali, yang masih tercecer oleh petugas, kami minta bantuan ke aparat desa atau warga,” harap Wayan Suamba. Dengan padamnya LPJ di seluruh Gianyar, Dishub Gianyar berharap pelaksanaan Hari Suci Nyepi berjalan dengan khusyuk. *nvi

Komentar