nusabali

200 Personel Polres Klungkung Amankan Pangrupukan

  • www.nusabali.com-200-personel-polres-klungkung-amankan-pangrupukan

SEMARAPURA, NusaBali
Sebanyak 200 personel Polres Klungkung dikerahkan mengamankan pengarakan ogoh-ogoh saat pangrupukan, Selasa (21/3) malam.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta mengatakan sudah menggelar rapat koordinasi dengan Pemkab Klungkung, Mejelis Desa Adat (MDA), dan paiketan pecalang untuk pengamanan Nyepi. “Kami fokus malam pangrupukan untuk mencegah kerawanan,” ujar AKBP Sadiarta, Senin (20/3).

Polres Klungkung mengerahkan 200 personel yang akan disebarkan ke sejumlah titik. “Kami sudah imbau saat pangrupukan tidak boleh mabuk-mabukan, pawai ogoh-ogoh diatur pecalang,” kata AKBP Sadiarta. Anggota juga sudah melakukan pemetaan lokasi kerawanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Mari bersama-sama menjaga kondusifitas,” ujar AKBP Sadiarta. Sementara itu, Bendesa Madya MDA Kabupaten Klungkung, Dewa Made Tirta minta bendesa bersama pecalang memastikan keamanan saat pengarakan ogoh-ogoh. Mengawasi para peserta yang akan mengarak ogoh-ogoh tidak mengkonsumsi minuman keras.

Memperhatikan batas wilayah tempek, banjar, hingga desa adat. Jika berpotensi menimbulkan gesekan agar diatur tidak sampai melewati batas wilayah. Sebaliknya, jika tidak ada potensi gesekan, pengarakan ogoh-ogoh antar banjar dalam satu desa adat bisa dilakukan. “Bendesa adat yang lebih mengetahui wilayahnya masing-masing, maka harus disesuaikan,” pinta Dewa Tirta. *wan

Komentar