nusabali

Hasto: Kader Harus Miliki Tiga Perspektif pada Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-hasto-kader-harus-miliki-tiga-perspektif-pada-pemilu-2024

SURABAYA, NusaBali
Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut setiap kader harus memiliki pandangan atau perspektif global, regional, dan nasional guna mengarungi ajang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kami harus kokoh dalam jati diri sebagai parpol Nasionalis-Soekarnois,” kata Hasto saat memberikan pidato sambutan dalam Rapat Koordinasi PDI Perjuangan di Surabaya, Minggu (19/3/2023). Terkait dengan perspektif global, Hasto mencontohkan para kader PDI Perjuangan harus memiliki perspektif bahwa dampak pandemi Covid-19 di dunia belum teratasi secara optimal, sehingga mereka perlu berkontribusi mengatasi persoalan tersebut.

Selanjutnya mengenai perspektif regional, Hasto mencontohkan para kader perlu mengamati persoalan di Laut Cina Selatan yang mengancam ketidakstabilan kawasan.

Dari sisi perspektif nasional, kader PDI Perjuangan harus memahami bahwa budaya literasi dan kualitas pendidikan Indonesia masih harus ditingkatkan.

Berdasarkan hal tersebut, Hasto mengatakan bahwa PDI Perjuangan berkomitmen untuk mencari kader yang hebat, mumpuni, dan berkarakter pejuang sejati.

“Partai mencari kader hebat dan mumpuni, kokoh secara ideologis, berkarakter baik, pejuang sejati, dan memiliki fungsi elektoral," kata dia.

Tak hanya itu saja, seluruh kader yang nantinya tersaring sebagai caleg harus memegang teguh semangat menangkal radikalisme di Tanah Air, sekaligus memperjuangkan terwujudnya kualitas peradaban unggul bangsa Indonesia.

“Jati diri kami sebagai parpol Nasionalis-Soekarnois. Kami adalah partai taman sari peradaban dan semua warga bangsa. Walau berbeda, tetap satu,” kata Hasto.

Terkait dengan Pilpres 2024, Hasto menyampaikan bahwa keputusan berada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Seluruh kader diminta untuk tegak lurus dengan mekanisme yang sudah ditentukan itu. “Calon presiden dan calon wakil presiden ditetapkan oleh Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri,” ucapnya.

Hasto juga menyampaikan pesan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang meminta seluruh kader terus membentuk gelombang pergerakan demi berjuang untuk mengakomodasi kepentingan masyarakat secara menyeluruh.

“Kami partai rakyat dan terus memastikan kemenangan wong cilik sebagai landasan keberpihakan PDI Perjuangan,” ujar Hasto.

Dia meminta seluruh kader menjalankan kewajiban terjun ke masyarakat guna memberikan pelayanan maksimal. “Lakukan kewajiban di dalam mengatasi kemiskinan, mencegah stunting, dan membangun kehidupan yang lebih baik bagi rakyat,” katanya. *ant

Komentar